KSOP Tanjung Perak Gelar Raker Korwil Jawa Timur Persiapan Angleb 2024

127
KSOP Tanjung Perak Gelar Raker Korwil Jawa Timur Persiapan Angleb 2024
Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto, MM bersama kepala UPT Hubla se-Jatim saat menggelar Raker Korwil Jatim dalam rangka persiapan Angleb 2024 bertempat di kantor KSOP Kalianget, Senin (4/3/2024).

titikomapost, SUMENEP – Kesiapan pelaksanaan Angkutan Lebaran (Anglep)  2024 mulai dilakukan persiapan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di daerah. KSOP Utama Tanjung Perak sebagai koordinatol wilayah Jawa Timur telah mengumpulkan seluruh Satker untuk melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Korwil Jatim yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor KSOP Kelas IV Kalianget, Sumenep Madura Jawa Timur.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto, MM mengatakan, dalam rangka persiapan angkutan lebaran tahun 2024, kami sebagai koordinator wilayah UPT Perhubungan Laut se-Jawa Timur, mengumpulkan satker melalui Raker baik KSOP maupun UPP serta Distrik Navigasi dan Pangkalan PLP (Penjagaan Laut dan Pantai) guna melihat sejauhmana kesiapan di masing-masing KSOP dan UUP (Unit Penyelenggara Pelabuhan) dalam menghadapi pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini.

“Ya, saya sebagai korwil telah mengundang semua KSOP dan UPP Jatim yang ada dibawah saya serta Disnav dan Pangkalan PLP untuk kumpul di Kalianget melakukan raker,” katanya sambil menyebut dipilih Kalianget sebagai tempat raker karena ini juga termasuk daerah Tapal Kuda sekalian arisan DWP, Senin (4/3/2024).

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

Dalam agenda Raker tersebut, lanjut Capt. Heru, masing-masing satuan kerja (Satker) diminta memaparkan terkait kesiapannya di pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2024.

“Setiap satker memaparkan kesiapannya di angleb tahun ini,” ujarnya.

Dari pemaparan itu, kita akan mengetahui jumlah kapal yang beroperasi di setiap satker KSOP dan UPP Jawa Tinur agar dapat melayani masyarakat di momen libur lebaran mendatang sehingga bila terjadi lonjakan akan dapat diantisipasi sejak dini.

“Ada berapa kapal yang beroperasi di setiap satkerbya, dan apakah membutuhkan bantuan kapal lain,” jelas Capt. Heru.

Sehingga, Capt. Heru menyebut, dari hasil raker itu menjadi bahan yang akan disampaikan kepada pusat, baik kepada Direktur Lalu lintas Laut maupun kepada Dirjen Perbungan Laut sebagai pengendali terkait kesiapan UPT Laut di Jatim dalam menghadapi Angleb 2024 tahun ini.

Sedangkan, bila dibutuhkan untuk mengantisipasi melonjaknya arus mudik dan balik nanti, pihaknya akan menyiagakan dengan menggunakan kapal cadangan yang di persiapkan yaitu dari distrik navigasi Surabaya dan yang lain dari pangkalan PLP Surabaya serta kapal latih dari Poltekpel Surabaya.

Baca Juga  Jumlah Santunan Menurun, Dirut Jasa Raharja Ungkap Efektivitas Program Keselamatan dan Penanganan Kecelakaan Periode Mudik 2024

“Terkait dengan permintaan kapal tambahan atau adanya mudik gratis, harus dilaksanakan secara administrasi sesuai dengan prosedur,” imbuhnya

Ditempat yang sama, Kepala KSOP kelas IV Kalianget sebagai pihak yang ketempatan kegiatan raker menyampaikan, dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2024, dillakukan raker UPT Hubla se-Jawa Timur

“Raker ini membahas tentang kesiapan menghadapi angkutan lebaran tahun 2024 yang salah satunya persiapan armada kapal,” sebutnya.

Untuk itu, KSOP Kelas IV Kalianget bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jatim mensupport kegiatan tersebut. Terkait dengan persiapan armada kapal, dirinya menyebut juga meliputi pengawakan, alat keselamatan, dari pelabuhan asal menuju pelabuhan tujuan.

“Kesiapan armada dan keselamatan menyangkut tentang kenyamanan dan keselamatan para penumpang saat pelayaran,” ujarnya.

“Untuk start akan dilakukan mulai dari pelabuhan Kalianget, jangkar dan dari pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi,” tambaahnya.

Sedangkan untuk arus balik dari beberapa kepulauan, Taufiqurrahman menyampaikan  yang ada di kabupaten Sumenep seperti dari Sapudi ke Jangkar, dari pelabuhan Ra’as ke Jangkar dari Kangean ke Kalianget dan dari Sapeken ke Tanjungwangi, serta dari Sapeken ke Kalianget.

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, Kepala Jasa Raharja dan Pembina Samsat Lakukan Audiensi Bersama PJ Walikota Kediri

“Untuk kapal yang akan melayani di Pelabuhan Kalianget ada 10 kapal, 6 kapal diawasi oleh Perhubungan Laut dan 4 Kapal Syahbandar Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,” tambahnya.

Hadir dalam Raker Korwil UPT Hubla Jatim yang beragenda ‘ Persiapan Angleb 2024 ‘ tersebut, sebgaai berikut:

1.Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto,

2.Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tipe A   Tanjung Perak, Capt. Mugen S. Sartoto,

3.Kepala Pangkalan PLP Kelas III Tanjung Perak, Devi A Mamesah,

4.Kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian,

5.Kepala Kantor KSOP Kelas III Tanjung Pakis Capt. Subuh Fakkurochman,

6.Kepala KSOP Tanjung Wangi Syamsurizal,

7.Kepala KSOP Kelas IV Kalianget, Taufiqurrahman,

8.Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Apriltanto,

9.Kepala UPP Kelas II Branta, Bambang Sugiarto,

10.Kepala UPP Kelas III Sapudi, Dedy Yuwono,

11.Kepala UPP Kelas III Telaga Biru, Edi Kuswanto,

12.Kepala UPP Kelas III Masalembu, Rahmat Rahim,

13.Kepala UPP Kelas III Bawean, Azwar Anas. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE