KSOP Tanjung Perak Keluarkan Notice To Marine Atas Tenggelamnya TB Samudra Sindo II

241
KSOP Tanjung Perak Keluarkan Notice To Marine Atas Tenggelamnya TB Samudra Sindo II

titikomapost.com, SURABAYA – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak telah mengeluarkan Notice To Marine (NTM) atas Tenggelamnya Tug Boad Samudra Sindo II pada posisi koordinat 06° 53.835” S / 112° 43.481” T sebelah Barat Bouy 9 di perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) tertanggal 16 Maret 2024 sebagai peringatan bagi kapal-kapal yang melintas baik yang hendak masuk maupun keluar Tanjung Perak dan Gresik.

KSOP Tanjung Perak Keluarkan Notice To Marine Atas Tenggelamnya  TB Samudra Sindo II
TB Samudra Sindo II sebelum akhirnya tenggelam di sebelah Barat Bouy 9 perairan APBS, Sabtu (16/3/2024).

Pemberitahuan itu tidak terbatas bagi yang akan melintasi perairan disekitar tenggelamnya TB Samudra Sindo II baik kapal niaga maupun kapal nelayan. Hal itu disampaikan demi menjamin keselamatan pelayaran.

“Diberitahukan kepada kapal-kapal bahwa TB Samudra Sindo II tenggelam pada posisi 06° 53.835” S / 112° 43.481” TS. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, agar semua kapal niaga dan kapal nelayan yang berlayar disekitar perairan tersebut agar menghindar dan waspada serta berhati-hati sesuai dengan kecakapan pelaut yang baik. Demikian untuk menjadi perhatian,” seperti dikutip dari isi NTM yang dikeluarkan KSOP Tanjung Perak yang ditandatangani Perwira Jaga (Paga) Hendra Wijanarko, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga  Mariners Ajak Insan KSOP Tanjung Perak Dan Warga Donor Darah Di Atas Rumah Sakit Terapung

Laporan pertama tentang detik-detik kejadian ini diterima melalui saluran radio Channel 12 oleh petugas Vessel Traffic Service (VTS) Surabaya, Rista Damayanti pada tanggal 15 Maret 2024 pukul 19.34 WIB.

Menurut informasi yang diterima dari kapal Icon Bravo, posisi TB. Samudra Sindo II saat kejadian berada di koordinat 06° 53.835” S / 112° 43.481” T

Upaya evakuasi segera dilakukan setelah menerima laporan tersebut. Pada pukul 20.01 WIB, komunikasi dilakukan dengan Kepanduan Karang Jamuang, KSOP Tanjung Perak, dan KSOP Gresik serta disiarkan ke kapal-kapal yang berada di wilayah tersebut.

Dilaporkan bahwa jumlah awak kapal sebanyak 10 orang telah berhasil dievakuasi dengan selamat oleh Motor Pandu 47 dan tiba di Pulau Karang Jamuang pada pukul 20.20 WIB.

Meskipun upaya penyelamatan telah dilakukan, namun untuk TB Samudra Sindo II akhirnya tenggelam di koordinat yang sama, yaitu 06° 53.835 S / 112° 43.481 T pada pukul 20.34 LT.

Senada, VTS Surabaya telah juga mengeluarkan peringatan kepada kapal-kapal yang beroperasi di sekitar Buoy 9 untuk menghindari rute tersebut karena potensi bahaya yang ditimbulkan oleh kapal yang tenggelam terbalik.

Baca Juga  Dirjen Perhubungan Laut Kunjungi Pelabuhan Kuala Tanjung Tinjau Aksesibilitas Transportasi Bongkar Muat

Sementara penyebab pasti dari insiden ini masih belum diketahui hingga berita ini diunggah. Namun, dari kondisi cuaca sendiri cukup kuat membuat Tag Boad TB Samudra Sindo II terombang-ambing di perairan. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE