Masyarakat Jatim Dapat Kepastian Layanan Kapal Gratis Perhubungan Laut

154
Masyarakat Jatim Dapat Kepastian Layanan Kapal Gratis Perhubungan Laut
Pelepasan keberangkatan kapal KN Bimasakti Utama milik Disnav Tanjung Perak tujuan Masalembu dari Dermaga Jamrud pelabuhan Tanjung Perak yang disakaikan langaung oleh Kadisnav, Capt. Mugen S Sartoto, Kabidlala KSOP Utam Tanjung Perak, Nanang Afandi, Dinas Perhubungan Pemkab Sumenep, Afif serta Kepala Cabang PT. Pelni Surabaya, Martin Heryanto, Kamis (4/4/2024) malam.

titikomapost.com, SURABAYA – Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto memastikan bahwa dukungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan berupa penyediaan kapal negara menjadi armada angkutan laut Lebaran Idul Fitri Tahun 2024 akan melayani masyarakat Jawa Timur baik arus mudik maupun arus balik.

Capt. Heru menjelaskan, KSOP Utama Tanjung Perak selaku Korwil satker laut di Jatim memberi kepastian bahwa layanan kapal bantuan dari Perhubungan Laut berjalan sesuai dengan hasil rapat koordinasi (Rakor) yang telah dilaksanakan sebelumnya di Kalianget yang diikuti oleh seluruh UPT Hubla se-Jatim beberapa waktu lalu.

“Bahwa kapal bantuan yang diberikan Kementrian Perhubungan lewat Direktorat Perhubungan Laut sangat membantu dalam Angkutan lebaran 2024 ini, dan semua kapal bantuan ini Gratis tidak di pungut bayaran,” ujarnya, Kamis (4/4/2024) malam.

Masyarakat Jatim Dapat Kepastian Layanan Kapal Gratis Perhubungan Laut
Masyarakat Jatim Dapat Kepastian Layanan Kapal Gratis Perhubungan Laut

Sedang, kapal-kapal negara yang sudah disiagakan untuk melayani masyarakat Jatim selama liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, lanjut Capt. Heru ada sebanyak 5 kapal, baik kapal-kapal Patroli maupun kapal Kenavigasian, yaitu:

Baca Juga  Edukasi Masyarakat Tertib dan Taat Pajak Tim Pembina Samsat Surabaya Gelar Operasi Gabungan

1. KN . Chundamani  milik Pangkalan  Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Perak yang sudah berangkat dari pelabuhan Celukan Bawang Bali tujuan pulau Raas Madura dengan penumpang sebanhak 80 orang;

2. KN . Bhima Sakti milik Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak yang malam tadi berangkat menuju pulau Masalembo Madura dengan membawa 224 orang penumpang;

3.⁠ KN . Nizan milik Distrik Navigasi Kelas II Benoa yang siang tadi juga sudah berangkat dari Celukan Bawang Bali menuju pulau Raas Madura dengan membawa 64 orang penumpang;

4. KN . Nusa Penida milik Distrik Navigasi Kelas II Benoa malam ini juga telah berangkat dari Celukan Bawang Bali menuju pulau Sapeken Madura dengan membawa penumpang sebanyak 224 orang;

5. ⁠KN. Masalembo milik Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak telah standby dan siap berangkat dati pelabuhan Kalianget menuju Masalembo Madura pada besok pagi dengan kapaitas 200 orang penumpang.

“Khususnya KN. Masalembu, penumpang luapan yang tidak bisa termuat oleh kapal Perintis 92 dan KN. Bhima Sakti sebanyak 60 orang yang saat ini dalam perjalanan dari Tanjung Perak menuju Kalianget dengan menggunakan Bus Damri yang disediakan oleh Pemkab Sumenep menjadi penumpang prioritas yang akan melanjutkan ke Masalembu besok,” jelas Capt. Heru.

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, Kepala Jasa Raharja dan Pembina Samsat Lakukan Audiensi Bersama PJ Walikota Kediri

Capt. Heru juga mengingatkan, dapat dipastikan bahwa kelima kapal negara bantuan Dirjen Hubla itu akan mengangkut masyarakat baik dari Jawa ke Kepulauan Madura maupun sebaliknya pada saat arus balik. Hal ini disampaikannya agar ada ketenangan masyarakat untuk dapat menikmati libur lebaran ke kampung halamnya masing-masing tampa harus ragu tidak dapat pulang maupun balik bila kapal-kapal yang di kelolah PT Pelni tidak menampung para pemydik.

“Dan ke 5 kapal tersebut juga siap nantinya dalam arus baliknya pada masa libur layanan Angleb 2024 : “Mudik Ceria , Penuh Makna,” pungkasnya. (RG)

 

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE