U.S. Coast Guard Bersama KPLP Lakukan Verifikasi Pelabuhan Tanjung Perak

132
U.S. Coast Guard Bersama KPLP Lakukan Verifikasi Pelabuhan Tanjung Perak
Tim U.S. Coast Guard bersama Dit KPLP yang didampingi tim KSOP Utama Tanjung Perak dan Pelindo saat lakukan verifikasi fasilitas ISPS Code pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (8/5/2024).

titikomapost.com, SURABAYA – Tingginya kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak menjadi atensi U.S. Coast Guard bersama Direktorat KPLP melakukan verifikasi menejemen keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan dari potensi ancaman yang dapat membahayakan dilingkungan pelabuhan sudah sesuai kah pelaksanaannya dengan standar ISPS Code yang diamanahkan International Maritime Organization (IMO), Rabu (8/5/2024).

Dalam kegiatan yang dilakukan selama dua hari (8-9/5) tersebut, U.S. Coast Guard sebanyak 4 orang yang diketuai Scott Wollnd (Our Head of Delegation) dengan 3 orang anggota, yaitu Clark Sanford (Lieutent Commander), Joseph Castro, dan Maetin Dobohue didampingi langsung Direktur KPLP, Jon Kenedi, dan Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto bersama jajaran bidang Pengawasan dan Penindakan (P2) KSOP Tanjung Perak, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak, Devi A Mamesah serta disambut pihak Sub Regional Head Jawa PT. Pelindo di terminal penumpang kapal laut Gapura Surya Nusantara (GSN) pelabuhan Tanjung Perak.

U.S. Coast Guard Bersama KPLP Lakukan Verifikasi Pelabuhan Tanjung Perak
Direktur KPLP, Jon Kenedi, dan Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto saat memberikan cindra mata kepada tim U.S. Coast Guard serta foto bersama jajaran KPLP, Bidang P2 serta Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak, Devi A Mamesah.

Mr. Scott Wollnd, Our Head of Delegation bersama tim tatkala melihat secara langsung langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan terhadap fasilitas pelabuhan yang dilakukan PT. Pelindo selaku Port Facility Security Officer (PFSO) sudah sesuai dengan pelasanaan The International Ship and Port Facility Security Code – ISPS Code  yang dimiliki terminal penumpang GSN Tanjung Perak yang telah dilengkapi X-Ray, Metal Detector, Garbarata, tanda Level zona pelabuhan serta tenaga keamanan yang memadahi memberikan apresiasi atas semua yang ada di pelabuhan Tanjung Perak hingga menyerupai bandara.

Baca Juga  Garap Voyage Surabaya-Donggala-Balikpapan Bersama KM Dharma Kencana V, DLU Permudah Akses Logistik Ke IKN

“Very good terminal GSN because it’s security same with airport (Terminal GSN sangat bagus karena keamanannya sama dengan bandara.red),” ungkapnya.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto mengatakan, bahwa hari ini kita bersama dalam acara kegiatan Verifikasi Ke–IV Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai serta Kunjungan Fasilitas Pelabuhan Bersama U.S Coast Guard bertempat di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN). Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 51 Tahun 2021 tentang Prosedur dan Tata Cara Pelaksanaan Verifikasi Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan bahwa verifikasi atau penilaian terhadap kesesuaian manajemen keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan merupakan bagian penting dan integral dari proses pengembangan dan pembaharuan perencanaan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan.

“Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah guna menjamin dan meningkatkan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak khususnya Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) sesuai International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 51 Tahun 2021,” terangnya.

Baca Juga  BMTH Mampu Ciptakan Ekosistem Pariwisata dan Multiplier Effect Bagi Pertumbuhan Perekonomian
U.S. Coast Guard Bersama KPLP Lakukan Verifikasi Pelabuhan Tanjung Perak
U.S. Coast Guard Bersama KPLP Lakukan Verifikasi Pelabuhan Tanjung Perak

Capt. Heru juga menambahkan, besar harapan kami agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan terjalin kerja sama yang baik antara Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak serta para Komite Keamanan Pelabuhan (Port Security Committee) yang berada di wilayah koordinasi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, jika ada hal-hal yang kurang berkenan saya mohon maaf dan akhir kata dengan mengucapkan “Bismillahirrahmannirahim”, kegiatan Verifikasi Ke – IV dan Kunjungan Fasilitas Pelabuhan bersama U.S Coast Guard saya nyatakan dibuka,” ucap Capt. Heru saat membuka secara resmi acara verifikasi tersebut.

Menambahkan, Iwan Dwi Nugroho, Kasi Pengawasan Bandar KSOP Tanjung Perak saat mendampingi dalam kegiatan verifikasi tersebut menyebut, tim U.S. Coast Guard saat verifikasi menyampaikan beberapa pertanyaan mendapat jawaban secara detail dari pihak pelindo hingga melihat secara langsung fasilitas yang dimaksud menunjukkan kepuasan.

“Mereka puas dengan pelaksanaan ISPS Code yang diterapkan di Terminal GSN Pelabuhan Tanjung Perak,” imbuhnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE