Pangkalan PLP Tanjung Perak Terima Kunjungan US Coast Guard

163
Pangkalan PLP Tanjung Perak Dapat Kunjungan US Coast Guard
Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak, Devi A Mamesah didampingi Kasubdit Patroli dan Pengamanan Direktorat KPLP, Yuserizal, menerima rombongan US Coast Guard saat melakukan kunjungan di Tanjung Perak.

titikomapost.com, SURABAYA – Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Perak Surabaya mendapat kunjungan kerja dari United States (US) Coast Guard. Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat kerjasama maritim antara Indonesia dan Amerika Serikat, serta memperkuat upaya bersama dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya di Indonesia.

Pangkalan PLP Tanjung Perak Dapat Kunjungan US Coast Guard
Foto bersama: Jajaran Pangkalan PLo Tanjung Perak bersama Rombongan US Coast Guard di Dermaga Mirah pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (12/6/2024).

Kepala PPLP Tanjung Perak Devi A. Mamesah mengatakan, setelah US Coast Guard melakukan kunjungan ke kantor PPLP Tanjung Perak, mereka juga berkesempatan mengunjungi Kapal Negara andalan Kesatuan KPLP, yaitu Kapal Patroli KN. Chundamani P.116 yang bertengger di Dermaga Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Kunjungan ini merupakan wujud nyata dari hubungan yang semakin persahabatan antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang keselamatan dan keamanan pelayaran. Kami berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kami dalam menjaga perairan Indonesia,” tutur Devi saat memberikan sambutan di Pangkalan PLP Tanjung Perak, Jiipe Manyar Kab. Gresik, Rabu (12/6/2024).

Ditempat yang sama, Kasubdit Patroli dan Pengamanan Direktorat KPLP, Yuserizal yang juga mendampingi tamu luar negeri itu mengatakan, para delegasi US Coast Guard yang berkesempatan mengunjungi armada kapal patroli milik Pangkalan PLP Tanjung Perak melihat secara detail kelengkapan yang dimiliki diatas kapal.

Baca Juga  Dirjen Perhubungan Laut Kunjungi Pelabuhan Kuala Tanjung Tinjau Aksesibilitas Transportasi Bongkar Muat

“Bahakan, mereka sempat menceritakan kalau di jajaran US Coast Guard masih ada kapal buatan tahun 60 an yang masih terpelihara dengan baik, ” Ujarnya.

Adapun Delegasi US Coast Guard yang hadir dipimpin oleh Lyle Goode terdiri dari, yaitu:

1            Lyle Goode      U.S. Embassy          Digital Economy Officer

2            Ralph Pastore U.S. Coast Guard   Policy Analyst

3            Jonathan Tillman               U.S. Coast Guard               Cyber Strategy & Engagement Division Chief

4            Robert Le Monde               U.S. Coast Guard               Senior Policy Analyst

5            Dylan Edward Cole               USEMB Jakarta               PACOM Team

6            Jacob Ahrens Laird               USEMB Jakarta               PACOM Team

7            Ian Clarke Hansen               Department of Homeland Security               Deputy Director

8            Brent Douglas Schuliger         Department of Homeland Security               Policy Analyst

9            Grace Katherine Wright CISA               International Program Specialist

“Kami sangat menghargai kesempatan ini untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan rekan-rekan dari Indonesia. Kami percaya bahwa melalui kerjasama ini, kita dapat bersama-sama menghadapi tantangan keamanan maritim di wilayah ini,” tuturnya.

Baca Juga  Jasa Raharja dan RSAU dr Efram Harsana Tandatangani Komitmen Bersama

Selama kunjungan tersebut, delegasi US Coast Guard mengadakan serangkaian diskusi dan sharing pengalaman bersama dengan personel Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai kelas II Tanjung PerakPerak.  Topik yang dibahas meliputi teknik pencarian dan penyelamatan, penegakan hukum di laut, serta manajemen perawatan kapal patroli. Selain itu, delegasi juga mengunjungi fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak, termasuk kapal patroli dan pusat komando.

Dari kegiatan itu, Devi berharap kunjungan US Coast Guard ke Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak ini sebagai permulaan membangun hubungan yang lebih intens dengan banyak hal kerjasama yang dibangun khususnya terkait dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya di Indonesia

“Diharapkan kunjungan ini dapat menjadi langkah awal dari banyak inisiatif kolaboratif lainnya yang akan mendukung stabilitas dan keamanan maritim di kawasan Asia Tenggara, “ pungkasnya. (RG/Hms)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE