Evakuasi Korban KM Satya Kencana IX Tuntas Ternyata Satu Meninggal

957
Tampak KM Niki Sae sandar di pelabuhan Trisakti menurunkan korban KM Satya Kencana IX yang berhasil dievakuasi, Sabtu (4/8/2018) malam.

BANJARMASIN – Evakuasi terhadap seluruh penumpang dan ABK korban kapal KM. Satya Kencana IX yang terbakar telah usai di boyong dari tengah laut dan tiba dengan selamat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan malam ini (4/8/2018).Sebagaimana disampaikan sebelumnya, para penumpang kapal KM. Satya Kencana IX dievakuasi ke daratan menggunakan kapal KM. Niki Sae dan kapal KM. Kumala.

“Seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan kapal KM. Niki Sae dan KM Kumala dan saat ini KM. Niki Sae dan KM. Kumala telah tiba di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin,” ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi.

Adapun penumpang dan ABK selamat yang diangkut kapal KM. Niki Sae tiba pujul 18.50 WITA berjumlah 140 orang dan 1 orang penumpang dalam keadaan meninggal. Sedangkan KM. Kumala membawa penumpang dan ABK selamat sebanyak 89 orang tiba pukul 20.10 WITA.

“Berdasarkan laporan dari KSOP Banjarmasin yang saya terima, ada satu orang penumpang dalam kondisi meninggal dunia,” kata Junaidi.

Baca Juga  Jasa Raharja Serahkan Santunan Kepada Keluarga Korban Kecelakaan Soko Tuban

Untuk memastikan, lanjut Junaidi, bahwa petugas KSOP Banjarmasin melakukan pendataan ulang terhadap para penumpang kapal KM. Satya Kencana IX bahwa tidak ada lagi penumpang yang belum dievakuasi. Selain itu, dua kapal Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus disiagakan di lokasi terjadinya musibah terbakarnya Kapal KM. Satya Kencana IX di perairan Tanjung Selatan Kalimantan Selatan.

“Kapal KN. Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP. 363 milik KSOP Banjarmasin disiagakan di lokasi untuk melakukan penyisiran dan pengawasan terhadap kapal KM. Satya Kencana IX yang dilaporkan terbakar pagi tadi (4/8),” tandas Junaidi.

Selain itu, Petugas medis, ambulance serta petugas KSOP Banjarmasin dan unsur terkait telah berada di  Pelabuhan Trisakti untuk membantu para korban guna dibawa ke Rumah Sakit terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Sedang tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat ini juga telah meluncur ke lokasi kejadian guna melakukan investigasi penyebab terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut.

Adapun unsur yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi para penumpang kapal tersebut terdiri dari KSOP Banjarmasin, SROP Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Kantor SAR Banjarmasin.

Baca Juga  Gencar, Jasa Raharja Terlibat Tempel Stiker Imbauan Keselamatan Setiap Bus di Jember

“Proses evakuasi penumpang dilakukan oleh Kapal KM. Niki Sae, KM. Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut,” pungkas Junaidi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal KM. Satya Kencana IX diketahui terbakar pada posisi 04-43.67LS/ 113-57.81BT atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada hari ini (4/8) pukul  05.35 WITA yang diinformasikan oleh KM Niki Sae melalui Radio kepada Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin.

Sedang, Kapal KM. Satya Kencana IX yang dinakhodai oleh Sucipto Utomo merupakan kapal jenis Ro-Ro milik PT. Dharma Lautan Utama yang memiliki berat GT 11.657 dengan membawa 198 orang penumpang dan 32 orang ABK berlayar dari Tanjung Perak. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE