KPLP : Tiga Negara Siapkan Marpolex Filipina 2019 Sukses

46
Direktur KPLP, Junaidi (tengah) bersama wakil Coast Guard Filipina dan Jepang adakan pertemuan bahas persiapan Marpolex 2019 di Bacolod, Filipina berjalan lancar dan sukses di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

JAKARTA – Untuk memantapkan persiapan jelang regional Marine Polution Exercise (Marpolex) atau latihan Penanggulangan Pencemaran Laut 2019 di Bacolod, Filipina, Indonesia yang diwakili Direktorat KPLP bersama Filipina dan Jepang lakukan pertemuan agar penyelenggaraan latihan bersama dua tahun sekali itu dapat berjalan lancar dan sukses.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi menyampaikan apresiasinya dan terima kasih serta penghargaan kepada Coast Guard atau Penjaga Pantai Filipina untuk penyelenggaraan Latihan Pencemaran Laut tahun depan.

“Kita harus memastikan bahwa persiapan dan kerja keras dibutuhkan dari Penjaga Pantai Filipina dan Indonesia termasuk Jepang sebagai negara observer, agar latihan dua tahunan ini berjalan baik dan sukses,” tutur Junaidi di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Disamping itu, Junaidi juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Jepang atas keterlibatan dalam latihan dan sangat memerhatikan perlindungan lingkungan laut di perairan Sulu dan perairan Sulawesi terutama yang berkaitan dengan respon pencemaran minyak dan secara aktif bergabung dalam setiap latihan regional yang diadakan Indonesia dan Filipina.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Kita memiliki kepedulian yang sama tentang bagaimana besarnya dampak bencana tumpahan minyak, yang dapat secara serius berkomitmen menjaga laut tetap bersih dan membuat lingkungan laut kita berkelanjutan dengan mempertahankan kesiapan dan kemampuan tanggap untuk memerangi polusi minyak yang berpotensi terjadi di perairan,” papar dia.

Dari pertemuan ini, lanjut Junaidi, diharapkan antara Indonesia, Filipina, dan Jepang dapat berdiskusi yang efektif dan komprehensif dalam pertemuan ini dan semoga Draft rencana Latihan ini dapat ditandatangani pada akhir pertemuan hari ini nanti.

“Hari ini kita berkumpul di sini untuk membahas Rancangan Rencana Latihan sebagaimana disusun oleh Penjaga Pantai Filipina. Selanjutnya, setelah Rencana Latihan yang ditandatangani oleh tiga Head Of Delegation (HoD) dari pertemuan ini, rencana Latihan ini menjadi panduan bersama untuk mempersiapkan, memeriksa, mengirimkan dan kemudian mengimplementasikan semua item yang telah direncanakan untuk latihan,” tandasnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2017 lalu, pelatihan bersama telah dilaksanakan di Benoa, Bali dan sama-sama menaruh perhatian tentang bagaimana peran pusat komando dan bagaimana menerapkan prosedur bantuan saat ada tumpahan minyak di laut yang dijalankan dengan baik sehingga bisa dikatakan latihan Marpolex itu suksus.

Baca Juga  Jasa Raharja Probolinggo Lakukan Intensifikasi dan Collection Rate Pajak Ranmor serta Koordinasi Dengan RS Djatiroto Lumajang

“Hal itu yang diharapkan  kita bersama nantinya pelaksanaan latihan di Filipina dapat berjalan dengan baik,” pungkas Junaidi. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE