Jasa Raharja Sediakan 2000 Kursi Untuk Pemudik Gratis

44
Suasana para calon pemudik saat verifikasi pendaftaran mudik gratis, Selasa (7/5/2019).

SURABAYA – Resiko kecelakaan lalu lintas yang dihadapi masyarakat semakin tinggi, khususnya saat mudik yang dilakukan dengan menggunakan moda angkutan sepeda motor. Untuk itu, Jasa Raharja bersama mitra kerja terkait bersinergi untuk mengamankan, melancarkan serta membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan mengalihkan pemudik menggunakan Bus mudik gratis yang disediakan sebanyak 50 armada dengan tujuan 18 kota yang ada di 4 Provinsi di pulau Jawa.

“Melalui Mudik Bareng BUMN untuk 2 ribu orang yang akan diberangkatkan dari Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya nanti pada tanggal 31 Mei 2019,” ujar Kepala Bagian Klaim Cabang Utama Jawa Timur, Yudi Prastowo, Selasa (7/5/2019).

Menurut Yudi, PT. Jasa Raharja (Persero) sendiri telah melaksanakan kegiatan Mudik Gratis untuk yang ke-12 kali sejak tahun 2008. Dan sasaran kegiatan Mudik Gratis Jasa Raharja antara lain untuk mengalihkan masyarakat yang mudik ke kampung halaman dengan Sepeda Motor agar menggunakan Bus supaya meminimalisir risiko laka lantas.

“Kegiatan ini juga merupakan langkah konkret peran Jasa Raharja dalam pencegahan kecelakaan,” terang Yudi.

Baca Juga  Terima Tongkat Komando Capt. Heru Susanto, Agustinus Maun KSOP Tanjung Perak Ajak Semua Pihak Satu Bahasa

Sedang, lanjut Yudi, kegiatan Mudik Bareng BUMN Tahun 2019 bersama Jasa Raharja Cabang Jawa Timur kali ini hanya disediakan 50 bus atau kurang lebih 2.000 seat untuk berbagai tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat. Bila dibandingkan tahun lalu, 2018 memang ada penurunan penyediaan bus yang mencapai 55 bus dengan alokasi 2500 orang penumpang.

“Ini kami sesuaikan dengan program yang telah dicanangkan pusat mas,” tandasnya.

Namun, dalam penyediaan bus kita tetap memilih jenis bus pariwisata bukan reguler debgan tahun minimal 2016 yang bekerjasama dengan Organda Jawa Timur. Hal itu dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan para pemudik.

Sementara itu, pembukaan pendaftaran mudik gratis ini sendiri telah dimulai dari tanggal 1 sampai 30 April 2019, dan para calon pemudik harus melakukan daftar ulang mulai tanggal 7 sampai 17 Mei 2019. Untuk mensosialisasikan kegiatan mudik bareng BUMN ini, telah dilakukan publikasi melalui SMS Broadcast, Website Perusahaan, Media Sosial perusahaan, beberapa Media Cetak dan Online serta melalui Talkshow di Radio.

Baca Juga  Saat Kurban, Ingat Hal Yang Dilarang Demi Sempurnanya Ibadah

“Bagi semua peserta mudik mendapatkan fasilitas baju kaos dan topi, Goodie Bag dan Snack, serta Obat-obatan,” terang Yudi.

Guna menjawab standar Keselamatan tetap diutamakan, dengan melakukan rampcheck untuk bus yang digunakan, test urine serta sosialisasi keselamatan kepada pengemudi bus.

“Sebelum pemberangkatan dilakukan pengarahan kepada kru bus terkait apa-apa yang harus dilakukan selama membawa pemudik di perjalanan,” pungkas Yudi. (RG)

Dari untuk 18 kota tujuan mudik gratis ini antara lain:

1 Banyuwangi via Situbondo 1
2 Banyuwangi via Jember 2
3 Blitar 1
4 Cepu 1
5 Tulungagung 1
6 Trenggalek 2
7 Magetan 1
8 Madiun 3
9 Ponorogo 4
10 Pacitan 2
11 Solo 10
12 Yogyakarta 9
13 Magelang 2
14 Semarang 3
15 Tegal 1
16 Cirebon 2
17 Tasikmalaya 3
18 Bandung 2
Total 50 tujuan.

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE