Hamil Tua, Warga Bawean ‘Mbrojol’ Di Tengah laut

51
Hasna, warga desa Kumalasa, Sangkapura, Bawean saat di tandu turun kapal setelah melahirkan di pelabuhan Gresik, Rabu (12/6/2019).

GRESIK– Alih-alih yang semula hendak dirujuk ke Rumah Sakit di Gresik, Hasna, warga desa Kumalasa, Sangkapura, Bawean akhirnya tak mampu menahan kehamilannya sehingga ‘ Mbrojol ‘ (melahirkan-Jawa.red) bayi laki-laki dengan selamat di tengah laut dalam pelayaran dari Bawean menuju Gresik berkat kesigapan tim medis kapal penumpang Blue Sea Jet 1, Rabu (12/6/2019).

“Kami mendapat informasi dari kapal Blue Sea Jet 1 bahwa dalam pelayaran ada penumpang yang sedang hamil melahirkan dengan selamat namun masih butuh tindakan lanjutan secara medis sehingga saat kapal tiba di Gresik tim kesehatan bisa mempersiapkan ambulance guna membawa ke rumah sakit,” terang Kepala Seksi Lala dan Usaha KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian, Rabu (12/6/2019).

Untuk itu, lanjut Hotman, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim medis dari Puskesmas Alun-alun, Gresik untuk melakukan penjemputan terhadap ibu dan bayinya dengan menyiapkan ambulance berikut dokter dan bidan yang sudah stand by di dermaga dengan rencana awal kapal diperkirakan tiba pujul 17.00 WIB.

Baca Juga  Srikandi Senator Jatim, Lia Istifahma Apresiasi Kiprah Ketua DPD RI

“Bayi itu lahir sekitar pukul 13.40 pada posisi kapal di tengah laut dalam pelayaran menuju Gresik. Kapal baru baru bisa sandar pukul 18.30 WIB molor dari jadwal awal yang diperkirakan bisa karena cuaca,” kata Hotman.

Setibanya di pelabuhan Gresik, Hotman mengaku, tim kesehatan pelabuhan  bersama anggota KSOP Gresik secara cepat melakukan tindakan menurunkan pasien dari kapal dengan tandu menuju Ambulance yang telah disiapkan dan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Daerah Ibnu Sina Gresik.

“Itu kelebihan kapal baru ini dengan peralatan dan tim medis yang memadahi serta ruangan yang nyaman bagi pasien kondisi seperti itu dapat diatasi dengan baik,” pungkasnya (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE