Peringati Harhubnas Kabupaten Kotabaru Siapkan Ferry Bamega Jaya Beroperasi

46
Saat pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Harhubnas Kabupaten Kotabaru berlangsung di halaman Kabupaten, Senin (23/9/2019).

KOTABARU – Mesti secara Nasional Harhubnas diselenggarakan serentak pada tanggal 17 September kemarin sebagai puncaknya, namun pemerintah Kabupaten Kotabaru masih merayakan dengan menggelar Upacara Bendera di halaman Kantor Bupati Kotabaru yang diikuti insan perhubungan dan instansi terkait sebagai puncak dari beberapa kegiatan yang dilakukan.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar, SH bertindak sebagai Inspektur Upara, dan Komandan Upacara dipegang Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan.

Sayed Jafar, SH dalam sambutanya mengatakan, sesuai dengan tema yang diusung peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 ‘ Bhakti Nyata Insan Perhubungan Merajut Nusantara Membangun Bangsa” dirinya mengingatkan insan perhubungan untuk dapat melakukan introspeksi terhadap tugas yang diembannya dalam sektor perhubungan seperti yang diamanahkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita yang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pesannya, Senin (23/9/2019).

Baca Juga  Pembahasan NLE Warnai Rapim Wilayah AlFI Jatim 2024

Menurutnya, sektor perhubungan memiliki peran yang strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga segenap insan Perhubungan dituntut dapat memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi.

“Karena hal itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi Indonesia,” ujar H. Sayed Jafar.

Senada, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru, H. Adi Sutomo menjelaskan, dilaksanakan pada hari ini Upacara Bendera sebagai puncak Harhubnas ditetapkan setelah sebelumnya pada tanggal 17 September juga telah dilaksanakan oleh intern insan perhubungan bertempat di bandara Gusti Syamsir Alam dengan irup kepala bandara.

“Untuk upacara besar dilaksanakan tanggal 23 september ini drai hasil pertemuan rakor Kadishub dengan insan perhubungan di kantor bandara Gusti Syamsir Alam dengan pertimbangan menyesuaikan agenda Bupati mengingat padatnya acara yang sudah terjadwal, seperti tanggal 15 penerimaan piala Wahana Tata Nugraha dari Presiden RI, tanggal 16 penandatanganan MoU dengan dirjen perhubungan udara untuk pengembangan bandara Gusti Syamsir Alam,” terangnya.

Baca Juga  Tingkatkan Keselamatan Lalu Lintas Jasa Raharja Implementasikan ESG

Selain itu, Adi Sutomo menambahkan, dalam rangka memperingati Harhubnas di Kotabaru, pihaknya telah menyelenggarakan seraikaian kegiatan antara lain Donor Darah dan Bhakti Sposial. Dalam kesempatan ini juga, kami telah menandatangani tarif kapal Ferry Bamega Jaya yang dilakukan okeh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar.

“Selain itu juga legalitas yang mendukung operasional kapal tersebut sudah dipenuhi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan, S.Sit, MM, M. Marmembenarkan, bahwa legalitas yang terkait dengan sertifikat kapal Ferry Bamega Jaya sudah rampung dan tarifnya pun sudah disetujui sehingga kapal tersebut dalam waktu dekat dapat beroperasi sesuai rute pelayaran yang telah ditentukan.

“Intinya kapal siap beroperasi untuk melayani masyarakat Kotabaru dan sekitarnya melalui pelabuhan Teluk Gosong,” katanya.

Hermawan juga menyebut, pelabuhan Teluk Gosong masih layak digunakan untuk memfasilitasi operasional kapal ferry yang ada dengan tujuan Lontar dan Pulau Sembilan dimana sebentar lagi akan segera dilaksanakan.

“Nanti pihak pemerintah daerah menyikapi sedangkan KSOP tinggal menunggu,: pungkasnya. (RG/SK).

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE