Jum’at Bersih Jadi Rutinitas KSOP KBBL

45
Giat bersih-bersih lingkungan dari sampah yang dilakukan KSOP KBBL bersama masyarakat maritim setiap Jum'at akhir bulan.

BATULICIN – KSOP Kotabaru-Batulicin lakukan bersih-bersih laut dan pantai yang menjadi rutinitas tiap Jum’at akhir bulan sebagai wujud komitmen menjaga lingkungan laut dari sampah.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas III Kotabaru-Batulicin (KBBL) Capt. M. Hermawan, S Sit, M.M, MMar mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah ini kita lakukan untuk menindaklanjuti instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: HK.211l1111lDJPLl2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang pelaksanaan kegiatan bersih lingkungan kerja secara rutin di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Hal tersebut kemudian kita instruksikan guna melaksanakan kegiatan bersih lingkungan kerja sesuai lnstruksi Dirjen Hubla yang dilaksanakan setiap hari Jumat pada akhir bulan,” terangnya, Jum’at (29/11/2019).

Dalam kegiatan bersih-bersih sampah ini, lanjut Hermawan, KSOP melibatkan masyarakat maritim yang serempak berjibaku bahu membahu untuk menjaga lingkungan laut dan sekitarnya terbebas dari sampah khususnya plastik yang akan mencemari dan merusak ekosistem laut.

“kegiatan ini semakin membudaya dan menjadi rutinitas bersama masyarakat maritim untuk menjaga lingkungan sekitar kita,” katanya.

Baca Juga  Dirut Jasa Raharja Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024

Disamping itu, Heenawan menambahkan, kebersihan lingkungan kantor dibawah KSOP Kekas III KBBL menjadi hal yang utama bagi insan perhubungan dapat menjaga dan merawat secara bersama melalui bersih-bersih.

“Baik kantor KSOP sendiri maupun seluruh wilker KSOP KBBL wajib dijaga kebersihannya seperti yang diinstruksikan pusat,” imbuhnya.

Bahkan, antusias peserta disetiap giat bersih-bersih sampah lingkungan laut ini juga menumbuhkan ukuwah stakehokder Kotabaru-Batulicin, dan menjadi sarana komunikasi non formal berbincang seputar masalah maritim.

“Tak jarang giat ini menjadi ajang ngobrol santai seputar pelabuhan,” pungkas Hermawan. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE