Inovasi Layanan Pelindo III Luncurkan Aplikasi VASA

87
Peran Tunda saat sandar dan labuhkan kapal di perairan pelabuhan Tanjung Perak.

SURABAYA – Menjawab tantangan kecepatan dan kemudahan pelayanaan sandar dan labuh kapal yang mampu memberikan efisiensi waktu dan biaya operasional bongkar muat, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III lakukan inovasi layanan kapal untuk para pengguna jasa.

“Aplikasi layanan ini namanya VASA,” kata Direktur Utama (Dirut) Pelindo III, Doso Agung, Jumat (31/1/2020).

Suasana bongkar muat di Terminal BJTI Port Tanjung Perak, Surabaya. (bjti)

VASA ini, kata Doso, merupakan tantangan Pelindo III untuk memberikan layanan optimal kepada para pengguna jasa. Selain memberi kemudahan, optimalisasi pelayanan dengan dukungan teknologi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal.

“Secara tepat dan tepat sesuai standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III,” jelas Doso Agung.

Doso menyebut, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standarisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III. Sehingga, proses perencanaan sandar kapal yang disusun pengguna jasa akan jauh lebih mudah.

“Ini akan berdampak langsung pada efisiensi waktu, biaya proses sandar sampai dengan bongkar muat kapal,” tandasnya.

Baca Juga  Pelindo Jamin Layanan Operasional Logistik Selama Libur Lebaran 2024

Bukan hanya itu, terobosan Pelindo III berbasis teknologi ini juga menyediakan berbagai layanan, seperti Planner Modul dan Real Time Monitoring. Dijelaskan, layanan Planner Modul tersebut berfungsi menyimulasikan planner (khususnya tambatan) yang dapat merencanakan ploting tambatan serta penjadwalan kapal yang digantikan.

“Sedangkan Real Time Monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data real time di VASA,” urai Doso Agung

Dikatakan, aplikasi VASA tersebut sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS barang dan peti kemas. Sehingga portal customer yang telah beroperasi sebelumnya dapat memudahkan pengguna jasa.

“Kami bisa melakukan perencanaan atau planner panjanjian masa tambat kapal. Selain itu VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP. Laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing,” tandas Doso.

Aplikasi VASA tersebut, lanjut Doso, juga memberi manfaat dan terkoneksi dengan AIS. Sehingga, bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan dalam kegiatan pelayarannya.

“VASA ini juga memudahkan kami mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat,” ujar Doso.

Baca Juga  Pelindo Hidupkan Program JASTIP  di Pelabuhan Tanjung Perak

Dengan VASA, hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel. Diungkapkan, PT Anugerah Pasific Jaya merupakan pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya.

Selain itu, aplikasi VASA ini memudahkan Pelindo III mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat. Apalagi dengan VASA hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel.

“VASA lebih memudahkan pengguna jasa di Pelindo III semakin efisien dari sisi waktu dan tenaga. Selain itu, koordinasi juga lebih mudah karena selalu menggunakan sistem,” ujar Sulton, pegawai PT Anugerah Pasific Jaya. (RG/red)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE