Tak Turunkan Harga Solar, Pemerintah Sia-siakan Kesempatan Bantu Rakyat

28
Ilustrasi pengisian BBM di stasiun pompa bensin. (Ist)

SURABAYA – Pemerintah jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk membantu rakyat ditengah menghadapi kesulitan ekonomi akibat wabah Covid-19 karena tidak menurunkan harga bahan bakar minyak ketika harga minyak dunia sangat murah.

“Pemerintah seperti tidak berdaya mengendalikan harga BBM dan membiarkan manajemen Pertamina saat ini sangat lemah dan tidak profesional,” tutur Bambang Haryo Soekartono, anggota Komisi VI DPR periode 2014-2019 dari Fraksi Gerindra, Jumat (8/5/2020).

Bambang menyayangkan pemerintah, khususnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang tidak mampu mengendalikan PT Pertamina (Persero) agar segera menurunkan harga BBM.

“Padahal, masyarakat dan pelaku usaha di dalam negeri seharusnya bisa memanfaatkan harga BBM murah, khususnya solar, seiring dengan merosotnya harga minyak dunia untuk melindungi usahanya agar tidak hancur, tetapi itu tidak dilakukan Pertamina dan pemerintah terkesan apatis akan kondisi ini,” ujar Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur ini.

Harga minyak mentah dunia sempat turun drastis sejak bulan lalu hingga sampai saat ini. Harga minyak mentah Brent untuk kontrak Juni anjlok ke bawah US$20 per barel, sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) US$12 per barel, bahkan sempat di bawah 0 dollar AS per barel.

Menurut Bambang Haryo, harga minyak dunia sebenarnya sudah turun sejak awal tahun ini akibat permintaan industri anjlok setelah merebaknya wabah Covid-19 di Wuhan, China.
Dia mengatakan revaluasi harga BBM harus diprioritaskan untuk solar, baik yang disubsidi maupun nonsubsidi, sebab bahan bakar ini digunakan secara luas oleh sektor industri, transportasi, perikanan, pariwisata, pembangkit listrik, dan UMKM.

Baca Juga  23 Tahun JLS Jatim Tak Rampung, LaNyalla Berharap Jadi Prioritas Kepala Daerah Mendatang  

“Jadi apabila harga solar murah, dampaknya akan sangat besar bagi perekonomian. Dunia usaha terbantu untuk bertahan hidup menghadapi dampak corona, sehingga bisa menggerakkan kembali ekonomi dan mencegah PHK massal,” ujarnya.
Bambang Haryo menilai kebijakan Pertamina yang memberikan diskon berupa cashback pembelian Pertamax Series tidak produktif dan membohongi publik.

“BBM Pertamax lebih ditujukan untuk orang mampu, buat apa diskon. Masyarakat saat ini butuh harga BBM yang transparan dan berdampak luas bagi ekonomi, yakni harga solar yang murah,” tegasnya.

Energi Primer

Sebagai negara penghasil energi primer, tutur Bambang Haryo, Indonesia memiliki peluang besar untuk menghasilkan sendiri energi sekunder dengan harga lebih murah, seperti halnya listrik.

“Sudah menjadi tugas negara agar semua hasil energi primer bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Tentu saja energi itu harus sesuai dengan harga sebenarnya supaya rakyat menikmati dampaknya guna mempertahankan hidup,” katanya.

Bambang Haryo mendesak Presiden Joko Widodo turun tangan serta memperingatkan para menterinya dan Pertamina agar tidak terjebak dalam permainan spekulan atau kartel minyak.

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, Kepala Jasa Raharja dan Pembina Samsat Lakukan Audiensi Bersama PJ Walikota Kediri

“Ini kesempatan bagi Presiden Jokowi untuk membuktikan benar-benar pro-rakyat. Jika harga solar turun sesuai harga sebenarnya, berarti Presiden telah berani menyikat kartel energi yang membuat harga BBM mahal,” ujarnya.
Berdasarkan data Globalpetrolprices.com, harga BBM khususnya solar terus turun sejak akhir Januari.

Sebagian besar negara di ASEAN telah menyesuaikan harga solar seiring dengan penurunan harga minyak dunia, kecuali Indonesia. Malaysia merupakan negara paling agresif menyesuaikan harga solar dan menjadi yang terendah di ASEAN, yakni 0,32 dolar AS per liter per 27 April 2020. Karena negara negara ASEAN tersebut sangat paham dampak penurunan harga solar hsd dapat berpengaruh terhadap multiplier economy, sedangkan Indonesia masih mempertahankan harga 0,67 dolar AS per liter sejak 2 Maret sampai sekarang.

Yang mengherankan, tutur Bambang Haryo, harga solar Indonesia lebih mahal dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya yang bukan penghasil minyak, seperti Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar. Indonesia hanya lebih murah dari Singapura dan Laos. (lihat tabel). Tetapi di beberapa sektor harga solar di Singapura lebih murah daripada di Indonesia dan bahkan hingga Rp. 3.300 per liter nya. Dia menegaskan Indonesia tidak bisa disamakan dengan negara ASEAN lainnya yang bukan penghasil minyak, termasuk dengan Malaysia yang menjual BBM lebih murah.

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

“Indonesia termasuk negara penghasil minyak yang cukup besar, bahkan salah satu penghasil gas terbesar Asia,” ungkapnya.

Bambang Haryo kembali mengingatkan, harga solar yang mahal bisa menghancurkan sektor transportasi beserta sistem konektivitas nasional yang sangat kompleks dan dibangun dengan susah payah. Sebagai negara kepulauan dengan luas 5 juta km2, Indonesia dinilai memiliki sistem antarmoda atau konektivitas yang sudah terbangun sedemikian rupa. Kondisi ini berbeda dengan negara kontinen, seperti Australia atau China.

“Kalau transportasi sampai kolaps, untuk menghidupkannya lagi akan susah. Sebagai negara kepulauan, apabila konektivitas hancur maka NKRI terancam bubar sebab distribusi barang menjadi mandeg,” pungkas Bambang Haryo, yang pernah menjadi senior investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Untuk diketahui, perbandingan Harga Solar di ASEAN:
Negara Harga (dollar AS/liter)
Singapura 1,15
Laos 0,88
Indonesia 0,67
Filipina 0,59
Thailand 0,55
Kamboja 0,55
Vietnam 0,43
Myanmar 0,36
Malaysia 0,32

Sumber: Globalpetrolprices.com, per 27 April 2020. (Rud/Bam)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE