SAR Surabaya Gelar Apel Kesiagaan Nataru 2021

58
Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo saat memimpin apel kesiagaan jelang Nataru 2021, Jum'at (18/12/2020).

SURABAYA – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya melaksanakan Apel Kesiapsiagaan jelang menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NATARU) serta dalam rangka mengawali siaga SAR khusus selama 18 hari kedepan yang digelar di lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, Jumat (18/12/2020).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo selaku inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan amanat Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito bahwa penting untuk berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 dan menjalankan penyelenggaraan protokol Kesehatan sesuai dengan ketentuan.

“Kita harus memastikan bahwa personil dan alut dalam keadaan siap untuk digerakkan sewaktu-waktu bila ada keadaan yang tak terduga” tambah Hari.

Kesiagaan anggota SAR jelang Nataru 2021.

Dalam siaga SAR khusus NATARU ini, lanjut Hari, personil kantor SAR Surabaya termasuk Pos SAR Jember, Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Trenggalek serta ABK KN SAR di Tanjung Perak dikerahkan untuk melakukan patroli dan pemantauan di lokasi yang diperkirakan akan ramai.

“Lokasi tersebut antara lain adalah bandar udara, pelabuhan, serta beberapa destinasi wisata yang ada di Jawa Timur seperti Pantai Ria Kenjeran, Jembatan Suramadu, Pantai Watu Ulo, Pantai Papuma, Pantai Phayangan, dan Pantai Boom,” jelasnya.

Baca Juga  Masyarakat Jatim Dapat Kepastian Layanan Kapal Gratis Perhubungan Laut

Menurut Hari, masing-masing kantor Pencaraian dan Pertolongan juga berkewajiban untuk melaporkan hasil koordinasi, pelaksanaan, dan pengawasan selama siaga SAR khusus kepada Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan secara berkala sesuai mekanisme yang telah ditentukan.

Dalam amanat juga ditekankan bahwa “Personil masing-masing Kantor SAR perlu aktif berkoordinasi dengan instansi serta potensi terkait, menjaga nama baik intansi, mengikuti prosedur kerja  yang ada, bekerja secara professional, sinergi dan militant, serta mengutamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR terlebih lagi ditengah pandemic Covid-19,” tutur Hari kutip amanah Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE