Terjang Gusung TB Bloro 1 Terbalik di Perairan Malinau KSOP Tarakan Ambil Tindakan

189
Saat speed boat patroli milik KSOP Tarakan mengawal evakuasi tongkang TK Robby 212 oleh TB Meteor 4 setelah tug boat penariknya TB Bloro 1 tenggelam, Kamis (17/12/2020).

TARAKAN – KSOP Tarakan ambil tindakan evakuasi kapal Tug Boat (TB) Bloro 1 melalui Wilker Malinau setelah dikabarkan terbalik akibat menghantam Gusung pada titik koordinat 03°-31’ 30° N/116°-50′-00° sekitar pukul 20.00 LT dalam pelayaran dari Malinau menuju Palu yang menggandeng Tongkang (TK) Robby 212 bermuatan Agregat B sebanyak 2769. 36 m3 di perairan daerah Seputuk, Sesayap, Tanah Tidung Kalimantan Utara (Kaltara)

kondisi terakhir
Tug Boat (TB) Bloro 1 telungkup dan tongkang Robby 212 berada dibelakangnya di perairan Sungai Seputuk, Sesayap, Tanah Tidung Kaltara.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Capt. M. Hermawan, S.SiT, MM, M.Mar mengatakan, informasi adanya kecelakaan kapal tersebut diterima salah satu pos wilker Malinau yang berada dibawah kekuasaanya.

“Anggota yang ada di wilker Malinau melaporkan kalau ada kecelakaan kapal jenis tug boat yaitu TB Bloro 1 yang menggandeng TK Robby 212 di daerah seputuk dalam posisi pelayaran dari Palu menuju Malinau akibat naik di atas gusung yang berakibat terbalik,” terang Hermawan, Jum’at (18/12/2020).

Para kru TB Bloro 1 yang telah dievakuasi wilker Malinau KSOP Tarakan.

Pasca kejadian itu sendiri, lanjut Hermawan sudah dilakukan evakuasi oleh anggota bersama pihak agen kapal tersebut dengan menghadirkan tug boat pengganti TB Meteor 4 untuk mengandeng tongkang. Sedang 12 kru TB Bloro 1 semua dapat dievakuasi dengan selamat dan muatan sudah ditarik menggunakan tongkang pengganti.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Kami sudah perintahkan anggota dan agen di sana untuk memberikan tanda lampu untuk malam hari dan di siang hari akan di pasang isyarat bendera sebagai penanda,” imbuhnya.

Sedang kronologis kejadian, Hermawan menjelaskan, kapal dalam pelayaran dari Palu menuju Malinau, pada saat menyisir sungai kapal kandas di gusung  sehingga kapal miring yang mengakibatkan kapal terbalik/tenggelam pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2020 pukul 22.00LT.

Adapun data kapal sebagai berikut:

Nama kapal        : TB.BLORO 1 / TK ROBBY 212

GT                         : 148/ 2085

Call Sign              : YD 6206

Bendera               : INDONESIA

Nakhoda              : ASWAN

Jumlah abk         : 10 Orang (Termasuk Nahkoda)

Muatan                : Agregat B : 2769, 36 M3

Dari                       : Teluk Palu,Tgl 09 Des 2020

Tujuan                  : Malinau

Pemilik                 : PT.Rusianto Bersaudara Samarinda

Agen                     : PT. Pelayaran Dwi Samudera Cab Palu

Agen di Malinau : PT. Pelayaran Kayla Pasific. (RG)

 

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE