Gubenur Khofifah Puji Kesiapan Posko Nataru Pelabuhan Tanjung Perak

71
Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi saat berkunjung melihat kesiapan posko Nataru 2021/2022 di pelabuhan Tanjung Perak, Jum'at (24/12/2021).

titikomapost.com, SURABAYA – Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi yaitu, Dinas Perhubungan dan LLAJ, Kepala Dinas Kesehatan, PU Bina Marga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BPBD serta didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak meninjau langsung pelabuhan penumpang Gapura Surya di Tanjung Perak Surabaya pada Jumat (24/12/21).

Agenda Gubernur Jatim tersebut dalam rangka peninjauan langsung terkait persiapan menjelang Natal dan Tahun Baru  2021 / 2022 di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak apakah penerapan Protokol Kesehatan telah sesuai dengan instruksi Presiden. Khofifah meninjau terkait Posko Pelayanan Terpadu penyelenggaraan angkutan laut Nataru 2021 / 2022, Posko Kesehatan yang melayani Swab Antigen & Swab PCR bagi penumpang kapal, serta beberapa fasilitas prokes lainnya yang telah dipersiapkan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang selama Libur Natal & Tahun Baru 2021/ 2022.

“Saya lihat di pintu masuk pelabuhan ada posko kesehatan dimana di dalam posko kesehatan ada tempat vaksinasi bagi para calon penumpang yang belum divaksin bisa dilaksanakan di posko kesehatan tersebut. Selain itu juga terdapat aplikasi pedulilindungi.id baik di posko kesehatan dan juga pintu masuk keberangkatan, “ujar Khofifah sambil berkeliling di Terminal penumpang kapal Gapura Surya Nusantara (GSN) pelabuhan Tanjung Perak, Jum’at (24/12/2021).

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni
Gubenur Khofifah saat menyaksikan vaksinasi penumpang kapal yang disediakan Polres Pelabuhan Tanjung Perak bersama PT Pelindo Regional 3.

Beliau juga menyampaikan bahwa di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara juga harus ada tempat khusus atau tempat observasi apabila ditemukan penumpang kapal yang suhunya diatas 37 derajat bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Semua telah dipersiapkan baik itu tempat Swab Antigen dan Swab PCR juga tersedia disini jadi saya rasa ini harus dilaksanakan dengan baik sehingga kita bisa meminimalisir kemungkinan resiko dari peningkatan pergerakan masyarakat, barang dan jasa semua bisa kita antisipasi”, imbuh Khofifah sembari melakukan tinjauan langsung ke kapal Mila Utama tujuan Banjarmasin-Surabaya yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

Di tempat yang sama, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Yefri Meidison juga menambahkan bahwasannya kedatangan dan keberangkatan kapal menjelang Libur Nataru 2021 / 2022 paling banyak berasal dari Makasar. Dan untuk saat ini Pelabuhan Tanjung Perak sudah berupaya sangat baik serta tidak adanya penyekataan dimanapun terkait persiapan jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2021 / 2022.

Gubenur Jatim bersama rombongan saat melihat langsung kegiatan muat kapal KM Mila Utama jurusan Banjarmasin di Dermaga Jamrud Utara.

Sementara itu, Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki yang didampingi CEO PT Pelindo (Persero) Sub Regional Jawa Timur, Onny Djayus saat menyambut kedatangan Gubenur Jatim menyampaikan, jumlah penumpang jalur laut via Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dipredikasi naik 1,2 persen pada momentum libur Natal dan tahun baru 2021/ 2022.

Baca Juga  Pelindo Hidupkan Program JASTIP  di Pelabuhan Tanjung Perak

“Prediksi kenaikan pertumbuhan arus penumpang selama tahun 2021 / 2022 tersebut berdasarkan trend angka turun dan naik penumpang sebesar 97,62% selama tahun 2021 seiring dengan pertumbuhan angka vaksinasi,” terangnya.

Dengan adanya kesiapan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jatim dalam menyambut moment Libur Natal dan Tahun Baru 2021 / 2022 kali ini diharapkan dapat menciptakan keamanan dan keamanan penumpang khusunya penumpang yang menggunakan jasa pelayanan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kunjungan di akhiri dengan pembagian sembako kepada para Cleaning Service dan Tenaga Bongkar Muat (TKBM) yang dibagikan langsung oleh Ibu Khofifah. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE