Home » Umum » Ekbis » Wow…10 Hari Jelang Lebaran Arus Penumpang Kapal Capai 102 Persen di Pelindo Regional 3
Suasana calon penumpang kapal laut hendak menuju kapal saat melintasi Garbarata terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Wow…10 Hari Jelang Lebaran Arus Penumpang Kapal Capai 102 Persen di Pelindo Regional 3

Sebarkan

titikomapost.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indoenesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mencatat peningkatan arus penumpang yang cukup siginifikan pada mudik lebaran tahun 2022 ini. Tercatat, pada 10 hari menjelang hari raya Idul Fitri peningkatan arus penumpang kedatangan maupun keberangkatan di sejumlah terminal penumpang mencapai 53.745 orang atau meningkat 102 % dibanding lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 25.051 orang.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal penumpang utama dibawah pengelolaan Pelindo Regional 3, diantaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai 17.744 dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas 6252 orang.

Pihaknya memprediksi, peningkatan penumpang ini dipicu karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah. Meskipun begitu, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkordinasi berbagai pihak seperti kepolisian dan KSOP setempat menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

“Sejumlah terminal kita mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan bahkan pada 10 hari menjelang lebaran ini arus penumpang naik 102% di banding lebaran tahun lalu. Jumlah ini pun di prediksi akan terus naik menjelang lebaran,” ujarnya.

Sementara itu Plt Dirjen Hubla Kemenhub Mugen Suprihatin Sartoto yang menyempatkan diri meninjau layanan di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengapresiasi kesigapan Pelindo dan jajarannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan sejumlah fasilitas umum dan mendirikan posko pengamanan di sejumlah pelabuhan. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemudik selama berpergian.

“Penyelenggaraan angkutan lebaran 2022 termasuk angkutan lautnya sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua sesuai dengan rencana dan ditunjang oleh koordinasi yang sangat baik antar instansi.” Pungkas Plt Dirjen Hubla.

Sebelumnya dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 teminal penumpang dibawah kelolaannya. Hal tersebut guna menunjang kelancaran arus mudik 2022. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
x

Check Also

Terganjal Aturan 739 Sapi Dari NTT Tak Bisa Bongkar di Tanjung Perak

Sebarkan     titikomapost.com, SURABAYA – Gara-gara dianggap ...