Dikabarkan Hilang, KSOP Jayapura Evakuasi Speed Boat Anggota Dewan Peserta Sidang Sinode XVIII

68
Speed Boat pembawa anggota DPR Papua, Yonas Nussy bersama timnya berjumlah 8 orang peserta Sidang Sinode XVIII GKI Tanah Papua selamat dievakuasi kapal patroli KNP 339 milil KSOP Jayapura, Minggu (17/7/2022).

titikomapost.com, JAYAPURA – KSOP Jayapura kerahkan Kapal Patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) KNP. 339 dari pelabuhan Waren menyisir perairan Yapen dan Mamberamo guna melakukan penyisiran pencarian setelah menerima laporan dari koordinator lapangan wilayah 1 klasis Jayapura/Port Numbay GKI Tanah Papua Rando Rudamaga terkait hilangnya kontak dengan speed boat yang mengantar anggota DPR Papua Yonas Nussy bersama timnya berjumlah 8 orang yang melakukan pelayaran dari pelabuhan Jayapura menuju pelabuhan Weren

Plt. Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Willem Thobias Fofid mengatakan, speed boat pengangkut anggota dewan itu dilaporkan keluar dari pelabuhan Jayapura pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 dini hari pukul 02.00 WIT, dan pada pagi di perkirakan akan masuk Sarmi dan menuju Pelabuhan Waren. Namun, dilaporkan putus kontak dan tidak dapat dihubungi sehingga kami mengerahkan Kapal Patroli KPLP KNP. 339 dari pelabuhan Waren menyisir perairan Yapen dan Mamberamo untuk melakukan pencarian dan evakuasi.

“Atas dasar laporan itu, kita langsung lakukan aksi dengan mengerahkan kapal patroli KNP 339 untuk melakukan pencarian untuk dilakukan evakuasi speed boat beserta kru dan penumpangnya,” katanya, Minggu (17/7/2022).

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

Selanjutnya, setelah mengkonfirmasi berita laporan dari korlap wilayah 1 klasis Jayapura atas hilngnya kontak dengan speed boat pembawa anggota dewan beserta timnya, Willem menambahkan, pihaknya juga langsung mengirim berita yang sifatnya Informasi Urgensi melalui pesan whatsapp kepada kantor KSOP Sorong, KSOP Biak, KSOP Manokwari, UPP Serui, UPP Sarmi, UPP Korido, UPP Wasior, UPP Nabire, Para Komandan Kapal Patroli KPLP, Distrik Navigasi dan Stasiun Radio Pantai Jayapura dan Biak termasuk Kantor SAR Jayapura, Kantor SAR Biak dan Kantor SAR Sorong agar dapat membantu  memonitor dan mengecek dan jika diperlukan melakukan pencarian speed boat yang memuat Anggota DPR Provinsi Papua Yonas Nussy dan rombongan sejumlah 8 orang menuju Waren untuk mengikuti Sidang Sinode XVIII GKI Tanah Papua dan juga mengerahkan Kapal Patroli KNP. 339.

“Informasi berita hilangnya kontak dengan speed boat pembawa anggota dewan yang hendak mengikuti Sidang Sinode XVIII GKI Tanah Papua juga kami teruskan ke UPT yang lain pesan Whatsapp,” imbuh Willem.

Baca Juga  Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Gelar Evaluasi Mudik dan Persiapan Mudik Balik 2024

Sementara itu, Komandan Kapal Patroli (Kompat) KPLP Capt. Nellce Harewan dan Crew yang sedang bertugas patroli pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Waren selama penyelenggaraan Sidang Sinode GKI langsung merespon dengan melakukan pelayaran menyisir perairan waren dan yapen. Walhasil, speedboat yang dinyatakan hilang telah ditemukan pada pukul 16:00 WIT,  posisi L.01′ 53,66 S/137’03,52 posisi speedboat di Tanjung Dombo Poiwai Pukul 16.15 L 01’52,10 S/ bujur 137’05,08 E.

“Rombongan tersebut telah di evakuasi dan saat ini bersama KNP. 339 KSOP Jayapura menuju Pelabuhan Serui” Ujar Capt Nellce.

Senada, Kepala UPP Serui, Fathoni membenarkan informasi tersebut kepada awak media, bahwa pihaknya telah menerima pesan dari KSOP Jayapura terkait hilangnya kontak dengan speed boat pengangkut anggota dewan beserta timnya.

“Berita dan informasi urgensi yang dikirim oleh KSOP Jayapura kami terima dan segera  anggota KPLP UPP Serui dan KPLP KSOP Jayapura bersama melakukan penyisiran menggunakan Kapal Patroli KNP.339, para penumpang Speedboat langsung di evakuasi ke Serui untuk diserahkan kembali ke keluarga,” pungkasnya. (RG/WIL)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE