Pelindo Gugah Kaum Muda Hidupkan Wisata Kalimas

68
Wisata Taman Petekan Kalimas Surabaya, Jawa Timur jadi destinasi wisata area haritage pelabuhan kapal Pinisi.

titikomapost.com, SURABAYA – Kerjasama yang dibangun PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sampai saat ini dalam mengembangkan Prospek Wisata Perairan Kalimas menuai banyak respon positif.

Upaya menjadikan sungai Kalimas primadona baru destinasi wisata air di kota Surabaya, Jawa Timur dengan penataan yang profesional sehingga terlihat makin cantik dan menarik mulai dilirik masyarakat, serta mampu memukau para wisatawan yang berkunjung.

Eri Cahyadi, Walikota Surabaya mengungkapkan bahwa konsep 3 air Kalimas ingin menghadirkan suasana seperti di Singapura serta jelajah kanal di Venesia, Italia.

“Oleh karena itu, kami berharap warga ke Surabaya tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand atau Italia untuk bisa menikmati wisata air” ujarnya saat meresmikan Destinasi Wisata Air Kalimas Surabaya.

Bukan hanya itu, dalam penataan dilakukan dengan memadukan antara konsep wisata kuliner, edukasi, belanja, serta wisata sejarah dengan tujuan wisatawan mendapatkan banyak hal ketika berkunjung.

Dimana, selama ini rute wisata air berjalan mulai dari Kapal Monkasel–Taman Prestasi–Museum Pendidikan–Siola–Jembatan Merah, kini makin merambah sudah menyambung hingga Taman Petekan. Dimana di dalamnya menyediakan potensi wisata yang dapat diperuntukan sebagai objek wisata edukasi bagi anak-anak, spot foto, nongkrong, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

Sementara itu, General Manager Kalimas dan Terminal Penumpang PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa, Dhany Rachmad Agustian mengatakan, pihaknya akan terus mempertahankan keeksistensian kapal Pelayaran Rakyat (Phinnisi) sebagai ikon heritage pelabuhan Tanjung Perak,

“Kami hanya ingin mempertahankan eksistensi kapal-kapal kayu yang ada disini untuk kegiatan wisata dan kami juga akan melakukan perbaikan dan perawatan fasilitas yang ada disini, terutama pada akses jalan yang sangat bermanfaat dalam pembangunan wisata Kalimas” ungkapnya, Senin (10/10/2022).

Diharapkan dengan adanya pembangunan Wisata Air Kalimas ini dapat memicu tanggapan positif dari banyak pihak terkait, terlebih bagi pemangku kepentingan di lingkungan PT.Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3.

“Selain itu diharapkan untuk generasi muda agar lebih banyak mengeksplor kegiatan yang ada di Pelabuhan Kalimas,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE