Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Dipenuhi ‘Genting’

235
Tampak dari kejauhan, MV Genting Dream kapal pesiar yang sandar sepanjang dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak hingga kade 300 melebihi gedung Terminal Gapura Surya Nusantara, Selasa (20/12/2022).

titikomapost.com, SURABAYA – Ungkapan Dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak dipenuhi genting sepertinya tepat untuk menggambarkan besarnya MV Genting Dream kapal pesiar yang mengangkut 2.900 wisatawan manca negara itu mampu menghabiskan ruang dermmaga hingga kade 300 lebih yang biasanya ditempati tiga kapal penumpang sandar.

MV Genting Dream saat akan sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuham Tanjung Perak, Surabaya.

MV Genting Dream kapal berbendera Bahamas GT 150695 itu diawaki 2000 kru merupakan kapal pesiar ke tiga yang sandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dan merupakan kapal wisata penutup di tahun 2022 setelah masa pandemi Covid-19 melanda tanah air.

“Kapal MV Geting Dream merupakan kapal pesiar ke tiga pasca pandemi Covid yang juga sebagai kapal pesiar penutup di tahun ini yang berkunjung di Tanjung Perak,” ujar Danny Rahman Agustian, General Manager Kalimas dan GSN PT Pelindo Sub Regional Jawa, Selasa (20/12/2022).

Para wusatawan Asia saat keluar dari Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) menuju Bus hantaran yang akan membawa berwisata di Surabaya Raya.

Menurut Danny, kedatangan kapal ini menunjukkan adanya peningkatan animo wisatawan mancanegara yang datang ke Surabaya melalui pelabuhan Singapore dengan membawa penumpang wisata kurang lebih sekitar 2.900 orang. Dan ada penumpang yang naik dari surabaya sebanyak 152 orang, serta yang turun mencapai 120 orang.

Baca Juga  Mudik Balik Ceria Penuh Makna di Pulau Sapeken, Pagerungan dan Kangean

“Kebetulan juga ada informasi dari kru Kapal bahwa penumpang ada yang meninggal berusia (45) tahun berkebangsaan dari Malaysia dugaan sementara penyakit Jantung,” jelasnya.

Tim kesehatan dengan Ambulance saat menjemput jasad salah satu penumpang MV Genting Dream yang meninggal diatas kapal dalam pelayaran.

Sementara jasad yang meninggal, lanjut Dhany sementara akan di autopsi di rumah sakit serta kordinasi dengan kedutaan besar Malaysia yang ada di Jakarta.

“Apakah di berangkatkan dengan pesawat atau menggunakan transportasi lain kita belum mendapat kabar lanjutan,” imbuh Dhany.

Sedangkan untuk Kapal KM. Genting Dream sandar di Surabaya kurang lebih 12 Jam. Jadi kemungkinan akan lepas meninggalkan Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak sekitar pukul 18.00 petang. Sementara para wisatawan dalam kunjungan wisatanya di Surabaya menuju Balai Kota, Hotel Mojo Pahit dan Pasar Kayun. Sedangkan luar kota, menuju pasuruan dan Mojokerto hal itu yang menjadi tempat destinasi para wisatawan.

“Wisatawan rata-rata dari Asean sperti, Singapore, Filihpine Juga Thailand,” sebut Danny.

Untuk diketahui, pada tahin 2022 sudah ada 3 kapal yang mengunjungi Surabaya melalui pelabuhan Tanjung Perak, dimana MV Genting Dream adalah kapal pesiar penutup akhir tahun. Sedang, ditahun depan, 2023 sudah ada boking slot ada 19 Kapal pesiar.

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

“Mudah-mudahan sesuai ekspektasi,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE