Jaga Kelancaran Oprasional, Pelindo Evakuasi Cepat Truk Terguling di Tanjung Perak

67
Tim Pelindo Tanjung Perak saat percepat evakuasi Truk yang terguling saat menaiki Rumpdoor kapal, Jum'at (14/4/2023) pagi.

titikomapost.com, SURABAYA – Pelindo Cabang Tanjung Perak melakukan percepatan proses evakuasi truk terguling di dermaga Jamrud Utara, hal ini sebagai upaya Pelindo menjamin kelancaran proses operasional serta memastikan insiden ini tidak berpengaruh pada pelayanan arus mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

GM Kalimas & Terminal Penumpang GSN, Dhany Rachmad Agustian saat ditemui di lokasi kejadian mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti pihak kapal dan pemilik barang untuk segera melakukan evakuasi secepat mungkin dengan proses stapping barang ke truk yang kosong menggunakan FL / Short Crane. Proses evakuasi tersebut diestimasi ± 5 jam diperkirakan selesai siang ini. Dhany memprediksi proses evakuasi bisa selesai pada hari yang sama sehingga tidak mengganggu operasional pelabuhan.

“Kami langsung bergerak cepat untuk melakukan proses evakuasi dan berkoordinasi dengan pihak pelayaran serta pemilik barang. Harapannya ini bisa segera selesai dan kapal bisa melanjutkan perjalanan sesuai jadwal”, ujar Dhany.

Dhany menambahkan dermaga Jamrud Utara memiliki panjang sekitar 1.200 meter sehingga selama proses evakuasi masih banyak sisa dermaga yang bisa di manfaatkan untuk kegiatan operasional bongkar muat dan embarkasi-debarkasi penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca Juga  Optimalisasi Over Boking Rumah Sakit Jasa Raharja Bersama RSUD Sampang Lakukan Sosialisasi  

“Dermaga Jamrud Utara ini memiliki dermaga yang cukup panjang sehingga kegiatan operasional selama evakuasi masih bisa dipindah ke kade lain”, pungkas Dhany.

Sebelumnya, sebuah truk dengan Nopol EB 8290 HD bermuatan campuran & beton cor ukuran besar saat naik ke kapal KM.Mila Utama dengan tujuan Surabaya-Ende tiba-tiba terguling ke kiri pada Jumat (14/4/2023) pagi sekira pukul 06.44 wib tepat di atas rumpdoor kapal.

Beruntung insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa dan tidak ada fasilitas pelabuhan yang rusak. Namun saat ini masih belum dapat dipastikan berapa besar kerugian yang ditimbulkan atas kejadian ini. Saat ini pihak Pelindo Sub Regional Jawa sedang berupaya melakukan proses evakuasi truk yang terguling. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE