Pelindo Sub Regional Jawa Siapkan 40 Sapi Senilai 1,2 Milliar Untuk Masyarakat Sekitar Pelabuhan

120

titikomapost.com, SURABAYA – Menyambut Idul Adha tahun ini, melalui program TJSL, Pelindo Sub Regional Jawa mengadakan kegiatan Pelindo Berbagi Hewan Qurban 1444 H/ 2023 kali ini menyalurkan sebanyak 40 ekor sapi qurban senilai 1,2 M kepada masyarakat di sekitar wilayah pelabuhan dalam rangka berbagi kebahagiaan pada Idul Adha 1444 H.

Penyerahan sapi qurban dilakukan secara simbolis dilaksanakan pada Selasa (27/06) bertempat di kantor Pelindo Sub Regional Jawa, Pelabuhan Tanjung Perak. Secara simbolis penyerahan dilakukan oleh Regional Head 3 PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ardhy Wahyu Basuki bersama dengan CEO Pelindo Sub Regional Jawa, Johanes Wahyu Hertanto kepada Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Herlina S.I.K, MH, dan Nuryanti selaku perwakilan Kelurahan Perak Barat yang dihadiri oleh KH.Sudarman selaku Takmir Masjid Baitul Hakam.

CEO Pelindo Sub Regional Jawa, Johanes Wahyu Hertanto menjelaskan bahwa penyerahan bantuan hewan qurban ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan sebagai bentuk kepedulian Pelindo terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pelabuhan.

Baca Juga  KSOP Tanjung Perak Gelar Forum Ecoport 2024 Buka Wawasan Lingkungan Hidup Pelaku Usaha Maritim

“Yang utama adalah niat ikhlas untuk berbagi ke masyarakat sekitar oleh sebab itu, semangat untuk terus berqurban senantiasa kita terapkan pasca idul Adha”, ungkap Johanes dalam keterang tertulisnya, Rabu (28/6/2023).

Johanes menjelaskan penyembelihan hewan qurban selain sebagai wujud ketaqwaan dalam melaksanakan perintah Tuhan, kita juga telah menjalankan bentuk solidaritas kemanusian dalam wujud pembagian daging qurban, dan alhamdulilah tahun ini Pelindo masih menyalurkan hewan qurban meskipun jumlahnya tidak sebanyak tahun lalu sejumlah 48 ekor sapi.

“Nanti proses penyembelihan hewan qurban yang dilakukan di Masjid Baitul Hakam melibatkan beberapa pegawai yang akan turut andil dalam pelaksanaan penyembelihan maupun pembagian daging qurban kepada warga sekitar secara sukarela”, tambahnya.

Berdasarkan data yang ada, pihaknya menjelaskan untuk tahun ini total keseluruhan hewan qurban yang akan disalurkan sebanyak 17 ekor sapi untuk wilayah Tanjung Perak Surabaya yang nantinya akan disalurkan kepada masjid, musholla, yayasan serta kelurahan setempat. Namun secara keseluruhan Pelindo Sub Regional Jawa membagikan 40 ekor sapi qurban yang akan disalurkan di beberapa wilayah Pelindo Sub Regional Jawa diantaranya Tanjung Perak sebanyak 17 ekor , Tanjung Emas sejumlah 6 ekor , Tanjung Wangi sebanyak 4 ekor, Tanjung Intan sejumlah 4 ekor, Tanjung Tembaga sebanyak 2 ekor, Kalianget sejumlah  3 ekor, Gresik berjumlah 2 ekor, dan Tegal sebanyak 2 ekor.

Baca Juga  Ratusan Ribu Orang Terlayani di Tanjung Perak Pelayaran DLU Dukung Armada Angkutan Lebaran 2024 Yang Mumpuni

Sementara itu, AKBP Herlina S.I.K, MH selaku Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menyampaikan apresiasi kepada pihak Pelindo Sub Regional Jawa sebab warga di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung Perak merasa terbantu dengan adanya tambahan hewan qurban ini.

“Kami sangat senang dengan adanya bantuan dari Pelindo dan kami berharap bantuan ini nantinya akan dapat tersalurkan dengan baik & efisien kepada seluruh warga yang membutuhkan”, imbuhnya.

Nuryanti mengatakan bahwa alhamdulillah hingga saat ini Pelindo masih memberikan bantuan berupa sapi yang nantinya akan kami sembelih sendiri.

“Bantuan ini selanjutnya akan kami serahkan kepada pengurus masjid di wilayah Perak Barat,” ungkapnya.

Kegiatan Pelindo Berbagi Hewan Qurban 1444 H / 2023 diharapkan dapat memberikan kontribusi di dalam kepedulian sosial dan lingkungan terhadap wilayah pelabuhan Tanjung Perak dan sekitarnya. (RG/hms)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE