Seekor Sapi KSOP Gresik Mampu Jadi Triger Semangat Masyarakat Maritim Untuk Berbagi

163
Sapi kurban hasil patungan jajaran KSOP Gresik yang dibeli dari RomRai Qurban'Ku' diterima Pupud di pelataran masjid Al Bahri pelabuhan Gresik, Selasa (26/6/2023).

titikomapost.com, GRESIK – Semangat berbagi di hari mulia Idul Adha 1444 H / 2023 pada masyarakat sekitar pelabuhan terbangun dari keinginan jajaran Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik yang secara patungan membeli seekor sapi kurban lewat salah satu penyalur hewan ternak RomRai Qurban ‘Ku’ agar bisa membagi daging kurban untuk membahagiakan sesama mampu menggugah beberapa perusahaan di lingkungan kerjannya.

Bantuan sapi dari PT Maspion yang diserahkan langsung Direktur PT SMT, Marianus Oei diterima Kasi Lala KSOP Gresik, Capt. Firmawan, Selasa (26/6/2023).

Niat baik itu membuahkan simpati dari masyarakat maritim Gresik yang dengan ikhlas menyerahkan hewan kurban baik Sapi maupun Kambing kepada KSOP Gresik untuk ikut serta dalam penyembelihan yang kemudian di bagikan pada warga sekitar pelabuhan.

“Kami memang tidak meminta pihak lain untuk memberi bantuan hewan kurban, tapi kami patungan untuk beli sapi laksanakan kurban bekerjasama dengan takmir masjid Bahari awalnya. Namun beberapa perusahaan mempercayakan hewan kurban kepada kami untuk selanjunya dibagi ke warga sekitar pelabuhan,” kata Pupud Pradiawan Santoso salah satu staf KSOP Gresik yang bertugas mengurusi pelaksanaan pemotongan hewan kurban disela serah terima sapi, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga  Gelar Apel Penutupan Posko Angleb 2024, KSOP Gresik Apresiasi Masyarakat Tak Nekat Bawa Barang Berbahaya Saat Mudik

Pupud menyebut, dari jumlah hewan kurban yang terkumpul sampai hari Rabu (28/6) di dapat Sapi sebanyak 5 ekor dan Kambing 20 ekor terdiri dari: 1 ekor dari KSOP Gresik, 1 ekor dari PT Maspion, 1 ekor dari PT Pelindo, 1 ekor dari PT Wilmar, 1 ekor dari PT Petro.

“Rencananya akan ada tambahan satu ekor sapi lagi malam ini,” imbuhnya

Bantuan sapi dari PT Pelindo yang diserahkan GM Oelindo Gresik, Sutopo diterima KSOP Gresik.

Sedang, rencana penyaluran daging kurbannya, lanjut Pupud, pembagian daging kurban disepakati mengunakan Kupon. Pembagian nanrinya  Estimasi 50% di wilayah pelabuhan ( dalam ), 50% di wilayah sekitar masjid ( warga ).

“Untuk pembagian di sekitar masjid disepakati melalui RT/ Tokoh masyarakat agar tepat sasaran,” jelas Pupud.

Terpisah, Kepala KSOP Gresik Hotman Siagian sangat mengampresiasi peran serta dari pihak-pihak yang telah membantu hewan kurban baik yang berupa Sapi maupun Kambing dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang di fokuskan di area Masjid Al Bahri, dan sekaligus dilakukan pembagiannya.

“Terima kasih pada pihak yang membantu hewan kurban demi terlaksananga kegiatan itu. Semoga idul kuban tahun ini bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE