Kuatnya Kepercayaan Kemenhub, Rotasi Jabatan Jajaran KSOP Gresik Berputar di Tempat

474
Kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian bersama jajaran struktural hasil rotasi baru Kemenhub 2023 saat serah terima jabatan yang berlangsung di Terminal Penumpang Gresik, Senin (30/10/2023).

titikomapost.com, GRESIK– Momentum penggabungan kembali fungsi Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan yang sempat dipisah sekitar 11 tahun lalu oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 15 Tahun 2023 berada dalam satu kewenangan yang dipangku oleh Kepala KSOP Utama baik di Tanjung Perak, Tanjung Priok, Makassar, dan Belawan juga berdampak pergeseran rotasi jabatan besar-besaran di tubuh Ditjen Perhubungan Laut.

Suasana serah terima jabatan struktural KSOP Gresik yang dihadiri tamu dari stakeholder terkait dan masyarakat maritim pelabuhan Gresik serta jajaran KSOP.

Tak terkecuali Unit Pelaksana Teknis (UPT) kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik yang juga menjalani rotasi jabatan struktural guna penyegaran pada sebuah organisasi, adapun pejabat struktur tersebut sebagai berikut :

1.Alit Sudarsono, S.SiT, MM sebagai Kepala Seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal (SHSK) yang semula menduduki kasi KBPP;

2.Capt. Mochamad Firmawan S.E., M.Si., M.Mar geser menjadi Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) sebelumnya menjabat kasi Lala;

3.Devry Andrey S.Si.T, MM mengisi Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut, dan Usaha kepelabuhan ( LALA)  menggantikan Firmawan;

4.Agus Nasrullah, SH, MMTr menjabat Kepala Sub Bagian Tata Usaha karena ditinggal Devry.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pejabat Struktural yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, loyalitas serta penuh Integritas” kata kepala KSOP Gresik Hotman Siagian saat serah terimah jabatan struktural KSOP kelas II Gresik di Terminal Penumpang Pelabuhan, senin, (30/10/2023).

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, Kepala Jasa Raharja dan Pembina Samsat Lakukan Audiensi Bersama PJ Walikota Kediri

Tak lupa kata Hotman, ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Panitia, atas terselenggaranya acara Serah Terima ini, ” Acara serah terima Jabatan ini merupakan rangkaian dan tindak lanjut dari kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para Pejabat Struktural Kementerian Perhubungan yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023″ ujarnya.

Ia Pun menyampaikan bahwa  selaku Kepala Kantor dan atas nama pribadi mengucapkan selamat dan sukses kepada pejabat struktural yang telah dilantik, kiranya amanah dan jabatan yang diberikan oleh Pimpinan Kementerian Perhubungan agar dilakukan dengan penuh komitmen, loyalitas, bekerja dengan hati dan rasa tanggung jawab yang tinggi akan tugas pelayanan.

“Hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai karena konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa, negara dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Hotman

Lanjut Hotman, Kami mengharapkan Bapak Agus Nasrullah dapat memberikan kontribusi nyata, berkolaborasi dan melanjutkan tugas dari kepala sub bagian tata usaha yang sebelumnya. Kami yakin, bahwa 4 orang Pejabat Struktural yang dilantik pada tanggal 23 Oktober 2023 oleh Bapak Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) adalah merupakan pilihan terbaik dari Pimpinan untuk mewujudkan tata kelola Good Governance,

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

“Saya berharap dengan adanya serah terima Jabatan ini, maka akan terus meningkatkan integritas pelayanan dan keselamatan di wilayah Pelabuhan Gresik. Mari kerja bersama untuk mewujudkan tata kelola Good Governance, bekerja dengan hati, serta tetap membawa nama baik kantor KSOP Kelas II Gresik ke masa akan datang,” serunya.

“Saya berharap agar jabatan yang dipercayakan oleh Pimpinan agar kita jalankan dengan sebaik baiknya, penuh integritas, loyalitas dan rasa tanggungjawab akan pelaksanaan tugas,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Alit Sudarsono kasi SHSK menyampaikan bahwa suasana kekeluargaan dan keakraban yang selama ini sudah terjalin dengan baik meski sedikit melelahkan tapi sangat menikmati hanya dalam Rangkah agar operasional dipelabuhan berjalan dengan baik.

“Sudah seharusnyalah kita menjalankan kegiatan sesuai dengan tupoksi masing-masing demi berjalannya roda ekonomi dipelabuhan Gresik,” kata Alit.

Ia pun mengajak pada semuanya  agar lebih giat lagi untuk melaksanakan Tupoksi dan peran ke masyarakat.

“Khusus pengganti saya agar kedepan lebih baik, inspiratif dan lebih menyayangi anak-anak di KSOP Gresik” pesannya

Capt Firmawan Kasi KBPP, juga mengutarakan bahwa dirinya hari ini merasa haru dan bangga karena masih dipercaya untuk menduduki jabatan KBPP KSOP Gresik, ia berterimakasih kepada seluruh staff LALA  yang sudah bekerjasama selama 10 bulan 15 hari dengan baik, namun kata Firmawan dedikasi, kerja keras dan konstribusi yang di lakukan Bapak Alit Sudarsono menjadi teladan bagi kami, baik etos kerja, kepemimpinan dan kemampuan dalam beradaptasi.

Baca Juga  Ratusan Ribu Orang Terlayani di Tanjung Perak Pelayaran DLU Dukung Armada Angkutan Lebaran 2024 Yang Mumpuni

“Beliau banyak menghadapi banyak tantangan dan memimpin dengan tabah dalam membantu kantor sehingga banyak capaian yang kita  peroleh, untuk itu kami sangat berterimakasih pengabdiannya dan upaya dalam tugasnya,” ujar Firmawan.

Sementara Kasi LALA, Devry Andrey mengucapkan terima kasihnya kepada kepala KSOP Gresik sebab ia masih diperkenankan untuk masih bagian dari keluarga besar KSOP Gresik.

“Terima kasih kepada pak KSOP yang masih berkenan saya bergabung di KSOP Gresik, kalau gak ada Pak Kapala KSOP gak tau saya berlabuh dipelabuhan mana lagi,” kelakar Devry.

Devry menyemangati mantan jajarannya dengan mengucapkan pada seluruh teman-teman di Sub bagian Tata Usaha atas kekompakan sehingga kerjanya berbuah prestasi yang cukup membanggakan.

“Alhamdulillah kurang lebih 7 bulan di Kasubbag TU kami sudah mendapat penghargaan dari Kementrian Keuangan, dalam hal ini KPPN, dan diterima pak KSOP  langsung, untuk Pak Agus jangan kwatir team di Subbag sudah solid,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE