Lautan Manusia Padati Monas Lakukan Aksi Damai Bela Palestina

89
Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang berjumlah ribuan memadati kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat sekitar pukul 08.00 WIB, Ahad (5/11/2023).

titikomapost.com, JAKARTA – Lautan manusia yang mengikuti Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang berjumlah ribuan memadati kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat sekitar pukul 08.00 WIB, Ahad (5/11/2023).

Dengan mengenakan busana serba putih dan hitam yang dilengkapi syal, ikat kepala nuansa Palestina mereka meneriakkan yel-yel dukungan menuntut pembebasan dan kemerdekaan Palestina dengan mengibarkan bendera yang telah dibawanya.

“Free, Free, Palestine. Free, Free, Palestine,” seru seluruh peserta menggema bergemuruh diseputar Monas.

Di tempat yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi yang turut hadir pada momen itu mendapat aplos dari seluruh peserta aksi bela Palestina hari ini.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno kembali menegaskan dukungan pemerintah RI terhadap Palestina yang terdampak akibat berkecambuknya perang Hamas dengan Israel.

“Ibu bapak yang saya hormati, atas nama pemerintah Indonesia kami ingin menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina, ” kata Menlu Retno saat berpidato.

Ribuan peserta aksi nampak memadati setiap sudut Monas hingga nampak dari kejauhan seperti barisan semut.

Menlu RI yang mengenakan pakai serba putih dilengkapi syal Palestina mengingatkan bahwa seluruh yang berkumpul di sini bersatu dari yang Bhineka untuk menunjukan solidaritas kita terhadap kemanusiaan. Hal itu kita buktikan dengan bantuan tahap pertama Indonesia untuk warga Palestina di Jalur Gaza telah diberangkatkan.

“Kemarin bantuan pertama sudah diberangkatkan langsung oleh Presiden Jokowi, dan ini bukan hanya bantuan pemerintah tetapi seluruh masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan,” ucap Menlu Retno yang juga mengapresiasi seluruh rakyat Indonesia atas kepeduliannya pada Palestina dengan bantuannya.

Sementara itu, anggota Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Bachtiar Nasir mengklaim ada jutaan orang mengikuti aksi hari ini. Peserta berasal dari berbagai organisasi agama dan elemen masyarakat.

“Tadi anggota saya melaporkan ada sekitar 1,4 juta orang yang ikuti aksi, ini baru di dalam Monas, belum di luar,” ungakapnya.

Aksi damai yang dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ini juga tyrut hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan perwakilan dari berbagai Organisasi Keagamaan. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE