KSOP Tanjung Perak Komitmen Bersama Seluruh Unsur Sukseskan Angkutan Nataru

73
Kepala KSOP Utama Tanjung Perak Capt. Heru Susanto saat memimpin apel kesiagaan pembukaan posko penyelenggaraan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebagai komitmen bersama semua unsur yang diselenggarakan di pelataran parkir Terminal Penumpang Kapal Laut Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (18/12/2023).

titikomapost.com, SURABAYA – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak menggelar apel kesiagaan pembukaan posko penyelenggaraan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebagai komitmen bersama semua unsur yang diselenggarakan di pelataran parkir Terminal Penumpang Kapal Laut Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (18/12/2023).

Kepala KSOP Utama Tanjung Perak Capt. Heru Susanto saat bertindak sebagai inspektur apel kesiapan posko Nataru pelabuhan Tanjung Perak mengatakan dalam sambutanya yang membacakan amanah Dirjen Perhubungan Laut Dr. Capt. Antoni Arif Priadi. M.Sc bahwa secara nasional Angkutan Nataru Tahun 2022-2023 mengalami kenaikan sebesar 44,86% dibandingkan tahun 2021-2022. Pada Angkutan Nataru tersebut tranportasi laut berjalan dengan baik, lancar serta berjalan aman.

“Tentunya untuk penyelenggaraan Angkutan Nataru Tahun 2023-2024 ini kita harus dapat menyelenggarakan transportasi laut. Saya harap kita dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut pada masa Nataru ini,” katanya, Senin (18/12/2023).

Kepala KSOP Utama Tanjung Perak Capt. Heru Susanto saat menyemarkan tanda anggota Posko Terpadu Nataru 2023/2024.

Menurutnya, angkutan laut adalah salah satu pilihan transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah kepulauan dimana transportasi laut menjadi satu-satunya sarana transportasi yang tersedia. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat yang sering terjadi pada saat musim mudik.

Baca Juga  Samsat Sampang Gelar Operasi Gabungan Edukasi Masyarakat Agar Tertib dan Taat Pajak  

“Patut kita tekankan betapa pentingnya angkutan laut dalam mendukung suksesnya angkutan natal 2023 dan tahun baru 2024 di Indonesia,” ujar Heru.

Namun, kita juga harus menyadari ingat Heru, bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru kapal.

“Selain itu perlu juga sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik seperti membeli tiket secara online, datang tidak jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal,” ingatnya.

Pada kesempatan itu pula, Heru menyampaikan agar selalu berkoordinasi antar stakeholder agar pelayanan terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan dengan kapal laut untuk merayakan natal dan tahun baru bisa terlayani dengan baik.

“Diminta kepada operator kapal untuk selalu aktif memberikan informasi melalui medsos terkait jadwal, cara pembelian tiket dan juga harga tiket, sehingga memudahkan calon penumpang, sehingga slogan transportasi aman liburan nyaman dapat menjadi kenyataan,” tuturnya. Bahkan, Heru mengaku telah melaksanakan amanah dari Dirjen Perhubungan Laut dengan memastikan seluruh armada kapal penunjang liburan Nataru tahun ini dalam keadaan laik laut dengan melakukan rump chek oleh anggotanya. Serta meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya terhadap pengawasan kapasitas penumpang kapal.

Baca Juga  Terminal Teluk Lamong Resmi Ambil Alih Terminal Petikemas Nilam  

“Demikian juga, Posko Pelayanan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Laut No: IR-DJPL 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 Dan Tahun Baru 2024 hasil berkoordinasi dengan Pelindo telah di dirikan posko tersebut di GSN,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk.

“Dengan komitmen, kolaborasi, koordinasi, dan integritas, marilah kita bersama-sama berupaya agar Penyelengaraan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan baik dan sukses serta masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan selamat, aman, nyaman, lancar dan sehat serta terkesan dengan perjalanan mudik mereka sebagaimana narasi utama Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, yaitu “Transportasi Aman Liburan Nyaman”, pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE