Sambut Hari Nusantara 2023 PELNI Sediakan Akomodasi Terapung Gratis di Tidore

46
KM Tatamailau yang akan digunakan sebagai akomodasi terapung gratis di Hari Nusantara 2023 di Tidore (11-14 Desember).

titikomapost.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyediakan satu kapal penumpangnya sebagai akomodasi terapung gratis di hajatan nasional Hari Nusantara 2023 yang akan berlangsung di Tidore Kepulauan pada 11 hingga 14 Desember nanti. Kehadiran kapal penumpang milik PELNI ini untuk mengantisipasi keterbatasan akomodasi dan lonjakan wisatawan selama kegiatan Hari Nusantara 2023.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengatakan, satu unit kapal yang akan dijadikan akomodasi terapung di acara tersebut adalah KM Tatamailau. Kapal dengan kapasitas 1000 orang ini sedianya melayari trayek Bitung – Tidore – Sorong – Fak Fak – Kaimana – Tual.

“Kehadiran KM Tatamailau sebagai Akomodasi Terapung di Hari Nusantara 2023 merupakan penugasan dari Pemerintah atau dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI untuk menyukseskan gelaran nasional tersebut. Karena penugasan ini, jadwal kapal akan mengalami penyesuaian, sehingga kami mohon kepada pelanggan kami untuk dapat menyesuaikan perjalanannya,” ujar Evan, Selasa (5/12/2023).

KM Tatamailau sudah ditarik dari pelayaran regularnya per 7 Desember besok saat berada di Timika untuk disiapkan sandar dan menjadi Akomodasi Terapung per 11 Desember. Kapal buatan Jerman tahun 1990 ini akan kembali beroperasi regular per 15 Desember melalui Pelabuhan Bitung.

Baca Juga  Tim Pembina Samsat Ngawi Edukasi Manfaat SWDKLLJ bagi Wajib Pajak Penunggak yang Terlibat Laka Lantas

“Untuk mengecek jadwal maupun pembelian tiket sudah bisa dilakukan melalui PELNI Mobile Apps. Kami mohon maaf atas perubahan jadwal ini dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan kami,” tambah Evan.

Kementerian Perhubungan RI sendiri ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023. Acara yang berlangsung selama empat hari ini mengangkat tema  “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

PELNI sendiri memastikan tidak ada biaya sepeser pun untuk menginap di KM Tatamailau selama Hari Nusantara 2023 berlangsung. Evan mengungkapkan, PELNI akan mempersiapkan kapal sebaik mungkin untuk menerima tamu domestik maupun mancanegara yang akan datang menginap.

KM Tatamailau sendiri disiapkan untuk menampung 961 pengunjung yang akan menginap di atas kapal. Untuk reservasi, wisatawan domestik maupun asing dapat menghubungi nomor kontak 0822-1121-9105 atau reservasi melalui tautan https://bit.ly/HotelterapungHarinusantara2023.

Sekedar ingormadi, PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan.

Baca Juga  Jasa Raharja Gelar PPKL di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung  

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 42 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 273 pelabuhan dengan total 3.495 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 11 trayek Tol Laut serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE