ISPS Code Dua Perusahaan Besutan BUMN di Tanjung Perak Ditenggelamkan Swasta

105
KSOP Utama Tanjung Perak Award 2024 Gelaran Perdana Apresiasi Pegiat Kepelabuhanan
Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto bersama seluruh penerima penghargaan di ajang KSOP Utama Tanjung Perak Award 2024 di Hitel Bumi, Selasa (30/1/2024).

titikomapost.com, SURABAYA Dua perusahaan Terminal layanan kapal asing besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah terkenal di wilayah Tanjung Perak harus mengakui kehandalan perusahaan swasta PT ISM Bogasari Flourmills sebagai jawara terminal dengan fasilitas ISPS Code terbaik yang disematkan oleh KSOP Tanjung Perak diajang KSOP Utama Tanjung Perak Award 2024.

Perhelatan yang mengusung 14 Kategori dan masing-masing kategori diikuti 3 nominator itu merupakan sebuah apresiasi KSOP Utama Tanjung Perak yang diberikan kepada beberapa perusahaan yang berada di wilayah kerjanya atas dasar penilaian yang fair didasarkan pada syarat penilaian baik Administrasi/Legalitas, Laporan, dan jumlah kegiatan yang ditetapkan oleh panitia Award.

“PT. ISM Bogasari Flourmills mempunyai nilai 90 mengungguli nominator lain, yaitu PT. TPS (Terminal Petikemas Surabaya)  yang hanya meraih nilai 85, dan PT. TTL (Terminal Teluk Lamong) dengan nilai 75,” sebut panitia yang membacakan nominator dan pemenang KSOP Utama Tanjung Perak Award 2024 di Hotel Bumi, Selasa (30/1/2024).

Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan malam anugerah perdana yang digelar KSOP Utama Tanjung Perak ini dilaksanakan untuk memberi penghargaan kepada pengguna jasa atau badan usaha yang berkegiatan dipelabuhan Tanjung perak atas kinerjanya pada tahun 2023  sehingga dapat mambantu meningkatkan produktivitas  Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca Juga  Tim Pembina Samsat Ngawi Edukasi Manfaat SWDKLLJ bagi Wajib Pajak Penunggak yang Terlibat Laka Lantas

“Atas nama KSOP Tanjung Perak dan atas nama pribadi, saya ucapkan selamat dan terima kasih setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih. Pesan kepada pemenang untuk dapat meningkatkan pengembangan kegiatan kepelabuhanan di Tanjung Perak yang barang tentu akan dapat meningkatkan perekonomiaan yang ada di wilayah perak,” tuturnya, Selasa (30/1/2024).

Dari kategori Badan Usaha /Operator Terminal dengan fasilitas ISPS Code Terbaik yang disandang oleh PT ISM Bogasari Flourmills mengalahkan dua nominator lainnya yaitu PT terminal Petikemas Surabaya dan PT Terminal Teluk Lamong diajang KSOP Utama Tanjung Perak Award 2024 itu menjadi cambuk tersendiri bagi perusahaan lain yang melakukan layanan serupa. Sebab urusan ISPS Code bagi layanan kapal asing itu sifatnya wajib harus dipatuhi, dan harus sesuai standar yang ditetapkan.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan apresiasinya kepada PT ISM Bogasari Flour Mills. Tentunya merupakan wujud dari bimbingan dan binaan teman-teman KSOP Tanjung Perak sehingga kita dapat melakukan perbaikan terhadap fasilitas yang ada kaitanya sama ISPS Code yang menjadikan kita bisa lebih maju,” ungkap wakil dari PT. ISM Bogasari Flour Mills saat menerima penghargaan malam itu.

Baca Juga  Edukasi Masyarakat Tertib dan Taat Pajak Tim Pembina Samsat Surabaya Gelar Operasi Gabungan

Dengan penerapan ISPS Code yang baik, Pelabuhan akan aman sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan masyarakat maritim untuk menyinggahinya, dimana hal ini akan berdampak pada peningkatkan kunjungan kapal, menurunkan biaya logistik dan premi asuransi terhadap wilayah berisiko, serta menarik minat investasi di pelabuhan dan wilayah sekitarnya.

“Pelaksanaan fungsi pengawasan implementasi ISPS Code dilaksanakan oleh Direktorat KPLP sedangkan pengawasan implementasi ISPS Code pada daerah di laksanakan oleh Auditor ISPS Code di UPT. Untuk itu perlu adanya koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut,” mengutip dari laman resmi Dirjen Perhubungan Laut terkait kegiatan Kemenhub Tingkatkan Implementasi Peraturan ISPS Code Melalui Kegiatan Diseminasi, beberapa waktu lalu.

Sedang, Kode Keamanan Internasional terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan (The International Ship and Port Facility Security Code – ISPS Code) merupakan aturan yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan, aturan ini dikembangkan sebagai tanggapan terhadap ancaman-ancaman.

“ISPS Code ini bersifat Mandatory dan berlaku secara International yang diterapkan terhadap kapal pelayaran Internasional dan Fasilitas Pelabuhan yang melayani Kapal International yang mulai berlaku sejak 1 Juli 2004, “ terangnya.

Baca Juga  Gresik Bersama Sembilan Pelabuhan Lain Sandang Raport Hijau B-15 Stranas PK

Adapun tujuan dari ISPS Code adalah untuk mengurangi resiko terhadap penumpang, awak kapal dan personil di atas kapal pada wilayah pelabuhan dan juga terhadap kapal dan muatannya. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan kapal di pelabuhan, serta mencegah pelayaran menjadi sasaran dari terorisme internasional.

Namun disisi lain, PT Terminal Teluk Lamong (TTL) berhasil juga menorehkan kemenangan diajang yang sama dengan menyabet 2 sekaligus nominasi lainnya, yaitu Kategori Terminal Operator Pelabuhan Dengan Kinerja Pelayanan Oprasional Terbaik, dan Kategori BUP Dengan Pengelolahan Lingkungan Hidup Terbaik bersama dengan PT. ISM Bogasari Flour Mills. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE