Surabaya Makin Jadi Lirikan Turis Asing

96
Surabaya Makin Jadi Lirikan Turis Asing
Kapal pesiar MV. Norwegian Jewel berbendera Bahamas sanddar di Tanjung Perak turunkan 2.358 turis mancanegara, Kamis (8/2/2024) siang.

Ribuan Wisman Menggunakan Kapal Pesiar Mendarat di Tanjung Perak

titikomapost.com, SURABAYA –  Surabaya makin jadi lirikan turis asing dari pelbagai negara, hal itu terlihat dari kedatang kapal-kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan mancanegara (wisman) sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Diawal-awal tahun 2024 ini saja, MV.Norwegian Jewel berbendera Bahamas merupakan kapal pesiar kali ketiga yang sandar di pelabuhan Tanjung Perak dengan memboyong 2000an turis asing mancanegara berwisata di wilayah Surabaya Raya, dan merupakan penyandaran perdana bagi kapal tersebut pada hari Kamis (8/2/2024) pukul 13.00 WIB.

Meningkatnya Tanjung Perak jadi pelabuhan singgah kapal pesiar hingga 14 slot hingga akhir tahun ini,  itu tak terlepas dari jaminan rasa aman yang tersemat dibenak wisman bahwa di Surabaya bisa menikmati wisata dengan nyaman. Tak pelak, kota pahlawan ini jadi pilihan salah satu destinasi dalam agenda kunjungan para turis manca negara itu.

Dhany Rachmad Agustian, General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa mengatakan bahwa kapal pesiar MV.Nowegian Jewel ini membawa 2.358 penumpang dan 1.026 crew kapal.

Baca Juga  Pengamat Transportasi: Sinergi dan Kolaborasi Jadi Kunci Utama Kesuksesan Penyelenggaraan Mudik 2024

“Dalam proses debarkasi penumpang kapal pesiar tersebut, Pelindo Sub Regional Jawa menggunakan fasilitas Mobile Gangway yang secara perdana digunakan untuk melayani penumpang kapal pesiar guna mempermudah para penumpang turun menuju Dermaga Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak”, imbuhnya.

“Kota Surabaya memang menjadi salah satu kota favorit perjalanan kapal pesiar di seluruh dunia. Keragaman destinasi sejarah, kesenian, kuliner hingga pusat perbelanjaan menjadi salah satu faktor menarik pemberhentian turis mancanegara”, terang Dhany pada Jumat (02/02/24).

“Kapal Pesiar MV.Norwegian Jewel ini baru pertama kalinya sandar di Surabaya di Tahun 2024. Sebelumnya kapal pesiar ini singgah di Pelabuhan Benoa Bali dan akan meneruskan perjalanan kembali menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada pukul 20.00 wib malam nanti (08/02)”, tambah Dhany.

Dhany juga menjelaskan, kedatangan kapal pesiar MS.Norwegian Jewel kali ini di pelabuhan Tanjung Perak hanya memakan waktu kurang lebih 7 jam saja dibandingkan dengan beberapa kapal pesiar yang sebelumnya pernah sandar, dan menjadi satu-satunya kapal pesiar yang sandar di bulan Februari 2024.

Baca Juga  Jasa Raharja Pamekasan Lakukan Koordinasi Dengan KPKNL Guna Tingkatkan Collection Rate Pajak Kendaraan Bermotor dan SWDKLLJ

Para penumpang MV.Nowergian Jewel disambut dengan tarian khas Jawa Timur, Reog Ponorogo dan diberikan suguhan beraneka macam makanan, minuman, batik, handicraft, souvenir khas Jawa Timur dari stand UMKM yang disediakan Pelindo Sub regional 3 Jawa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Para turis mancanegara juga berkesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Surabaya hingga situs peninggalan Majapahit di Museum Trowulan, Mojokerto menggunakan jasa transportasi bus maupun Grab yang bekerjasama dengan travel agent dan jasa transportasi taksi online.

Sebelumnya telah sandar kapal MV.Seven Seas Explorer berbendera Marshall Island dengan membawa 705 orang penumpang dan 540 crew kapal pada awal Februari lalu (02/02). Setelah kapal pesiar MV.Norwegian Jewel sandar rencananya akan ada kapal pesiar MV.Insignia berbendera Marshall Island yang dijadwalkan sandar pada tanggal 11 Maret 2024. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE