Berulang, Dua Kapal Pesiar Asing Sandar di Tanjung Perak Secara Berturut-turut  

81
Berulang, Dua Kapal Pesiar Asing Sandar di Tanjung Perak Secara Berturut-turut
Dua kapal pesiar MS. Seven Seas Mariner dan MS. Viking Orion bergantian sandar di Tanjung Perak selama dua hari berturut-turut.

titikomapost.com, SURABAYA – Dua kapal pesiar sandar secara bergantian pada kurun waktu 2 (dua) hari secara berturut-turut kembali terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak pada bulan Maret 2024 ini. Sebelumnya pernah terjadi pada bulan November 2023.

Kedua kapal persiar tersebut yaitu kapal pesiar MS. Seven Seas Mariner pada (15/03) disusul kapal pesiar Viking Orion pada (16/03). Kapal pesiar Ms Seven Seas Mariner berbendera  Bahamas membawa total penumpang dan awak kapal sebanyak 621 orang sedangkan MS. Viking Orion berbendera Norwegia membawa total penumpang dan awak kapal sebanyak 891 orang dari berbagai penjuru dunia.

Kapal Pesiar MS Seven Mariner  dengan GT (Gross Tonnage) 48,075 GT dan LOA (Length Over All) 216.1 MTR ini tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada (15/03) pukul 08.00 WIB sedangkan Viking Orion tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (16/03) pada pukul 10.00 WIB.

Pelindo Sub regional 3 Jawa menyajikan berbagai hiburan dan fasilitas untuk para wisatawan salah satunya adalah hiburan khas Jawa Timur yaitu Tarian Reog Ponorogo. Tak hanya itu, Pelindo Sub Regional 3 Jawa juga menyediakan berbagai macam gerai UMKM yang menyediakan berbagai souvenir, batik, serta makanan dan minuman khas Jawa Timur, dan tersedia money changer untuk mempermudah turis menukar uang.

Baca Juga  Pelindo Hidupkan Program JASTIP  di Pelabuhan Tanjung Perak

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa, Dhany Rachmad Agustian menyampaikan bahwa ini merupakan kedua kalinya Tanjung Perak disinggahi 2 (dua) kapal pesiar selama 2 (dua) hari berturut-turut.

“Intensitas kedatangan kapal pesiar tahun 2024 ini cukup tinggi, pada tahun ini tercatat sebanyak 14 kapal pesiar yang sudah masuk list kami dan sudah ada sekitar 4 kapal yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak dan tercatat ada 8 kapal pesiar lagi yang akan datang pada pertengahan bulan November hingga bulan Desember 2024,” katanya.

Memang, lanjut Dhany, kejadian kunjungan kapal pesiar asing ke Surabaya melalui pelabuhan Tanjung Perak sandar secara berturut-turut selama dua hari juga pernah terjadi sebelumnya di bulan Novemver 2023 tahun lalu.

“Sementara pada tahun 2023 terdapat 12-13 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung perak,” imbuh Dhany.

Senentara itu, dalam kunjungannya, wisatawan mancanegara tersebut lakukan cuty tour dengan mengelilingi objek wisata yang ada di Surabaya seperti Kampung Lawas Maspati, Tugu Pahlawan, Gereja Kepanjen, Sanggar Agung di Kenpark, hingga Pasar Pabean dan Pasar Genteng. Namun ada juga yang menyukai paket wisata bernuansa heritage seperti Tunjungan, Hotel Majapahit, Joko Dolog, dan Balai Kota.

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

Para wisatawan dapat menggunakan jasa Biro Travel dengan berbagai paket wisata. Pelindo Sub Regional 3 Jawa juga menyediakan beberapa unit bus dan unit mobil untuk digunakan oleh pihak jasa tour dan travel untuk mengangkut para wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata di Surabaya. Dan disediakan juga berbagai pilihan kendaraan lainnya seperti taxi online yang bekerjasama dengan perusahaan Grab untuk membawa wisatawan berkeliling dengan berbagai tujuan. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE