Bantu Urai Mudik Lebaran 2024 Disnav Tanjung Perak Siapkan Dua Kapal Negara

139
Bantu Urai Mudik Lebaran 2024 Disnav Tanjung Perak Siapkan 2 Kapal Negara
Kepala Distrik Navigasi Capt. Mugen S Sartoto melepas kapal negara KN Masalembo berlayar dari dermaga Mirah untuk standby mendukung angkutan lebaran (angleb) di Kalianget, Selasa (3/4/2024).

titikomapost.com, SURABAYA – Kepala Distrik Navigasi (Disnav) Tipe A Kelas I Tanjung Perak, Capt. Mugen S Sartoto melepas kapal kenavigasian KN Masalembo dari pangkalan Dermaga Mirah Tanjung Perak untuk standby di pelabuhan Kalianget guna mendukung kegiatan angkutan lebaran (Angleb) 2024, Selasa (3/4/2024).

Dalam amanah yang disampaikan pada jajarannya itu, Capt. Mugen berpesan agar senantiasa menjaga kondisi badan dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan tugas dengan baik. Dan tak lupa, dalam bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan kadar ibadah mendekatkan diri sama Alloh supaya dalam melakukan segala aktifitas senantiasa dalam lindungan Nya.

“Bahwa kapal yang disiapkan oleh Disnav Tanjung Perak nantinya dioperasikan dengan perintah dari syahbandar setempat dimana kapal-kapal tersebut diperlukan,” ujarnya.

Bantu Urai Mudik Lebaran 2024 Disnav Tanjung Perak Siapkan 2 Kapal Negara
Kepala Distrik Navigasi Capt. Mugen S Sartoto didampingi Kabid SBNP dan Armada, Fini memberikan arahan kepada kru kapal negara KN MMasalembo sebelum berlayar untuk standby mendukung angkutan lebaran (angleb) di Kalianget, Selasa (3/4/2024).

Seperti diketahui bahwa angkutan melalui kapal merupakan moda transportasi pilihan bagi masyarakat di kepulauan Madura dan sekitarnya. Sedang, para pemudik merupakan perantau dari pulau Madura yang mudik dari berbagai kota di Indonesia.

Menurut Capt. Mugen, Pelabuhan yang selama ini menjadi titik pemberangkatan jalur mudik melalui laut di Jawa Timur antara lain Jangkar di Panarukan Situbondo, Raas, Sapeken, Sapudi, Kalianget dan Tanjung Perak.

Baca Juga  Jasa Raharja Bersama Korlantas Polri Wujudkan Kamseltibcarlantas World Water Forum ke-10 Bali

“Disamping kapal Perintis yang memang sudah dijadwalkan melayari kepulauan Madura seperti kapal2 perintis dan kapal2 penyeberangan, biasanya Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat akan menyediakan kapal-kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mudik,” imbuhnya.

Tahun ini, lanjut Capt. Mugen, Disnav Tanjung Perak menyiapkan dua kapal navigasi kelas I dengan kapasitas muat maksimal 200 penumpang untuk sekali angkut siap siaga back up bila terjadi arus mudik angkutan lebaran tahun ini nanti.

“Dengan kapasitas BBM yang disediakan, maka kapasitas yang disiapkan sebanyak 1200 untuk arus mudik dan 1200 untuk arus balik dengan maksimal masingmasing-masing 3 trip selama masa angkutan lebaran, “ terangnya.

Hal ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo yang ditegaskan kembali oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar kegiatan mudik lebaran dapat diselenggarakan dengan sebaik baiknya agar masyarakat dapat merayakan hari raya idul fitri 1445H dengan penuh keceriaan, sebagaimana tema mudik tahun ini MUDIK CERIA PENUH MAKNA. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE