KSOP Gresik Bersama Instansi Terkait Sapa Penumpang dan Kru Kapal Dengan Berbagi Takjil

44
KSOP Gresik Bersama Instansi Terkait Sapa Penumpang dan Kru Kapal Dengan Berbagi takjil
Tampak, kepala KSOP Gresik, Hotman Siagian bersama instansi terkait membagikan takjil kepada penumpang kapal Exspress Bahari 3F yang baru sandar di pelabuhan Gresik, Senin (8/4/2024) malam.

titikomapost.com, GRESIKKantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP ) kelas II Gresik apresiasi penumpang dan kru kapal Express Bahari 3F dengan memberi paket Takjil yang sandar tepat pada saat waktu berbuka puasa di Dermaga pelabuhan Gresik, Senin (8/4/2024).

Setelah melakukan pelayaran sekira 4 jam mengarungi lautan dengan kecepatan 24 knot, KM. Express Bahari 3 F yang datang dari Bawean dengan membawa penumpang sebanyak 52 jiwa (49 dewasa dan 3 anak-anak) itu sambut langsung oleh kepala KSOP Gresik bersama jajaran, dan Kapolsek Pelabuhan Gresik, Polair, Karantina Kesehatan serta pihak Pelindo di Terminal Penumpang Gresik.

“Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan angkutan laut lebaran Tahun 2024 yang mengambil tema ‘mudik ceria penuh makna’ telah melaksanakan pengawasan dan pengamanan debarkasi/embarkasi penumpang kapal KM Expres Bahari 3F dari Pelabuhan Gresik menuju Pelabuhan Bawean, sekaligus berbagi takjil kepada penumpang mudik dan para crew kapal di wilayah pelabuhan gresik” kata kepala Kantor KSOP Kelas II Gresik Hotman Siagian, Senin (8/4/2024).

Menurutnya, bahwa acara ini merupakan tugas bersama dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat khususnya selama kehiatan mudik lebaran 2024.

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

“Kita semua melayani dalam hal menjamin keselamatan dan kenyamanan pelayaran sehingga saudara-saudara kita bisa mudik lebaran dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarganya,” ungkapnya.

Hotman menyampaikan, bahwa mulai dari awal Pembukaan Posko, hingga saat ini, Kegiatan Posko Angleb Tahun 2024 di Pelabuhan Gresik berjalan dengan aman, tertib dan lancar.  Hal ini dapat terwujud atas sinergitas dan kolaborasi tugas bersama dengan unsur TNI/Polri, Pemda Kab Gresik, Operator, Insan Maritim Pelabuhan Gresik.

”Operator kapal agar terus menerus untuk mentaati aturan dan SOP yang berlaku serta memperhatikan prakiraan cuaca, guna mewujudkan keamanan dan keselamatan pelayaran,” ingat Hotman

Menambahkan,  Ketua Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 di Pelabuhan Gresik Devry Andrey menyampaikan, bahwa Data Penumpang di Pelabuhan Gresik adalah sebagai berikut
pada H-15/26 Maret 2024 sampai H-02/08 April 2024
Penumpang Datang : 1.495 orang
Penumpang Berangkat : 4.717 orang
Jumlah Total Penumpang :6.212 orang.

”Jumlah pemudik mengalami peningkatan  1,75 % dibanding periode yang sama di tahun 2023  yaitu 6.105 Orang,” terangnya.

Baca Juga  Gelar Apel Penutupan Posko Angleb 2024, KSOP Gresik Apresiasi Masyarakat Tak Nekat Bawa Barang Berbahaya Saat Mudik

Ditempat yang sama, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gresik AKP Windu Priyo Prayitno menjelaskan bahwa kita semua mendukung transportasi laut selama angkutan lebaran 2024.

“Hingga saat ini aman terkendali kegiatan semua berjalan cukup baik,” akunya.

Windu juga menambahkan bahwa guna meningkatkan keamanan di kawasan pelabuhan, secara bersama pihaknya mengingatkan kepada pihak Pelindo untuk memperketat akses masuk ke dalam pelabuhan.

“Supaya kegiatan masyarakat lancar selama angkutan kebaran ini, keluar masuk masyarakat umum juga perlu diperketat,” tandas Windu.

Sementara itu, Alfia Nikmah salah satu penumpang saat dimintai komentar terkait pelayanan penyelenggaraan mudik tahun ini, ia menyatakan bahwa pelayanan semakin tahun semakin baik, “dan agar kuota penumpang ditambah” kata wanita berhijab dari Sangkapura ini

Seperti kita ketahui, dari catatan yang dimiliki KSOP Gresik, dari tanggal 6 April atau H-3 sejumlah 658 penumpang, tanggal 7 April 2024 atau H-4 sejumlah 656 penumpang, angka tersebut merupakan puncak arus mudik penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Bawean melalui pelabuhan Gresik dan hari ini (Senin 8 April atau H-2 ) jumlah penumpang yang mudik dari Gresik menuju ke Pulau Bawean sudah menurun yaitu 404 penumpang. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE