Tingkatkan Waspam Gabungan Masa Angleb 2024 KSOP Gresik Pastikan Keselamatan Pelayaran

214
Tingkatkan Waspam Gabungan Masa Angleb KSOP Gresik Pastikan Keselamatan Pelayaran
Tampak dari kejauhan, kapal Patroli KN 365 saat merapat di KM Timoti menurunkan Tim Patroli Waspam.

tikomapost.com, GRESIK – Kantor Kesyahbandaran dan  Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik melakukan  patroli gabungan pengawasan dan pengamanan (waspam ) dalam rangka cipta kondisi selama angkutan laut lebaran  (angleb) 2024 di perairan alur pelayaran barat Surabaya (APBS) yang masuk DLKr nya pada hari Rabu (3/4/2024).

Tingkatkan Waspam Gabungan Masa Angleb KSOP Gresik Pastikan Keselamatan Pelayaran
Saat sosialisasi dan penempelan stiker imbauan keselamatan pelayaran oleh Tim Patroli WA spam gabungan diatas kapal KM Timoti, Selasa (3/4/2024).

Kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian mengatakan, patroli  Gabungan ini melibatkan  dari kita sendiri KSOP Gresik, dan unsur dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung perak, Satpolairud Polres Gresik, Polsek Kawasan Pelabuhan Gresik, Poskamladu TNI AL Gresik,  Anggota Pramuka dan Pelindo.

“Patroli ini dilakukan untuk menjaga keamanan sekaligus sosialisasi keselamatan pelayaran menjelang hari raya Idul Fitri 2024. Khususnya masa pengamanan angleb ini kita lebih intenskan sebagai upaya menjamin keselamatan pelayaran di alur pelayaran barat yang masuk di DLKr atau daerah lingkungan kerja pelabuhan KSOP Gresik,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Hotman yang di dampingi Kasi KBPP Capt Firmawan dan ketua Posko Angleb 2024 Devry Andrey menegaskan, sekali lagi kitas sampaikan bahwa ini dalam Rangkah memastikan keselamatan Pelayaran makanya dalam striker yang kita tempelkan di kapal- kapal maupun ditempat- Tempak publik tersebut tertulis kontak person  yang bisa dihubungi.

Baca Juga  Edukasi Masyarakat Tertib dan Taat Pajak Tim Pembina Samsat Surabaya Gelar Operasi Gabungan

“Bila ada terjadi sesuatu baik cuaca maupun lainnya yang mengganggu operasional atau yang emergency dapat menghubungi langsung , sehingga kita dapat segera membantu mendukung kegiatan agar kegiatan operasional di wilayah pelabuhan Gresik berjalan dengan aman tertib dan lancar, “ jelasnya.

“Hal seperti ini juga sudah menjadi rutinitas yang dilakukan terhadap kapal-kapal yang sedang labuh di perairan Gresik yang juga bersama media,“ imbuhnya.

Tingkatkan Waspam Gabungan Masa Angleb KSOP Gresik Pastikan Keselamatan Pelayaran
Diatas geladak Motor Tanker Tim Patroli Waspam sempatkan foto bersama.

Menambahkan, Kepala Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2024, Devri Andry menjelaskan kepada Mualim 1 kapal KM Timoti bahwa mulai dari tanggal 26 Maret kemarin, kita masuk pada masa angkutan laut lebaran, untuk keselamatan pelayaran, kami berpesan kepada para pelaut agar mendukung terselenggaranya angleb tahun ini, baik dari segi keamanan maupun keselamatan pelayaran.

“Tolong radio di standby kan agar bisa monitor. Barangkali ada  diskres apapun segera diteruskan kepada pihak yang berwenang,” Imbaunya.

Sementara dari Satpolairud Polres Gresik mengingatkan bahwa imbauan yang ada, dan sudah ditempel agar diperhatikan bila ada gangguan kamtibmas diatas kapal segera calling di jalur 12.11 pasti segera kita respon.

Baca Juga  Korwil UPT Ditjen Hubla Jawa Timur Bersama KUPP Kelas III Sapudi Kawal Arus balik Santri Sapudi

“Karena ada 3 kapal patroli yang standby siap setiap saat memberikan pelayanan terbaik kepada  masyarakat yang ada di perairan gresik,” tandasnya.

Sedang, Patroli waspam gabungan dimasa angleb ini menggunakan 3  armada  yang dilakukan sekitar perairan pelayaran  Gresik yang pertama : KNP.365 milik KSOP Gresik, kedua , KNP 371 milik Pangkalan PLP Tanjung Perak dan KNP 50015 yang bergerak beriringan mendekati kapal-kapal yang labuh dimulai dari KM Timothi lalu ke Kapal tanker yang sedang Lego menunggu muatan fame dari TUKS Wilmar. Untuk selanjutnya, patroli dilanjutkan hari berikutnya hingga pesan keselamatan sampai pada kapal-kapal.

Apresiasi pun diungkapkan kru KM Timothi saat didatangi para petugas gabungan cukup antusias melayani. Baginya, pihaknya sudah terbiasa dengan petugas patroli. Bahkan hal tersebut membuat pihaknya terbantu Karena dilakukan pengawasan dan pengamanan oleh petugas Pelabuhan.

“Patroli ini, bagi kami sangat membantu pelayaran dan keselamatan kami saat berlayar,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE