Per 1 Maret 2019 Upah TKBM Tanjung Perak Naik

76

SURABAYA – Upah tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dilingkungan pelabuhan Tanjung Perak dipastikannakan mengalami kenaikan. Pasalnya, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Timur (APBMI-DPW) Jatim telah mengadakan sosialisasi Tarif upah pekerja pelabuhan yang dipatok akan diberlakukan mulai 1 Maret 2019 sebesar 8,03%.

“Dibanding sebelumnya pada tahun 2018, besaran upah TKBMadalah Rp 196.300 per shift/orang. Saat ini untuk tahun 2019, upah TKBM, kami naikkan sebesar Rp 210.001 per shift per orang,” rinci Ketua DPW Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Jawa Timur, Kody Lamahayu Fredy, Selasa (26/2/2019).

Kody memperhitungkan, kenaikan upah pekerja juga mengikuti naiknya upah minimum kabupaten/kota (UMK) dan upah minimum regional (UMR) dan bilangan upah sesuai UMR tersebut naik menjadi Rp 184.335/shif/orang. Hitungan tersebut belum termasuk tambahan uang makan, transportasi dan beras.

“Jadi, kalau ditotal semuanya, pekerja bisa mendapat Rp 210.001 per shif per orang,” tambaj Sekretaris DPW APBMI Jawa Timur, Endang Miasih dan Wakil Ketua DPW APBMI Jawa Timur, Capt. Haryono.

Baca Juga  Jasa Raharja Surabaya Tingkatkan Intensifikasi Customer Relationship Management  

Selain upah, APBMI Jawa Timur juga telah menyepakati kenaikan OPP/OPT tahun 2019 sebesar 4% dari seluruh besaran OPP/OPT eksisting. Dijelaskan, naiknya OPP/OPT atau pelayanan jasa bongkar muat yang dikenakan kepada pengguna jasa tersebut terbilang tidak tinggi.

“Kami sangat mengerti tentang kondisi perekonomian sekarang yang dirasa cukup berat. Itu yang menjadi pertimbangan kami menaikkan sedikit OPP/OPT tahun ini,” terang Kody usai acara sosialisasi di Aula Kantor DPW APBMI Jawa Timur.

“Aturan yang sudah menjadi ketetapan dalam kesepakatan, tidak sebatas dipahami tqpi aturan sosiaisasi sebaiknya dipahami serta dilaksanakan, agar tidak memunculkan masalah di kemudian hari,” pintanya di hadapan peserta TKBM dan pengurus Koperasi TKBM Usaha Karya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE