KSOP KB-BL Gandeng STIP Jakarta Siap Gelar Diklat BST Kapal Niaga

1164
Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Capt. M. Hermawan (kanan) saat penandatangan kerjasama dengan Ketua STIP Jakarta, Amiruddin MM di bumi Marunda Jakarta, Rabu (22/1/2020).

JAKARTA – Kantor KSOP Kotabaru-Batulicin (KB-BL) melakukan penandatanganan PKS pelaksana diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training (BST) kapal Niaga dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai dasar pelaksanaan yang akan diselenggarakan di Batulicin bulan depan.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin (KB-BL), Capt. M. Hermawan, S.Sit, M.M, MMar mengatakan, guna mendukung orogram pemerintah prioritas nasional, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khusunya di lingkungan wilayah Kotabaru dan Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, KSOP berencana mengadakan diklat BST kapal niaga bekerjasama dengan STIP Jakarta.

“Untuk pelaksanaan diklat yang pertama ini kita sediakan bagi 250 peserta sesuai dengan kuota yang diberikan pihak STIP tapi kalau ada peminat yang lebih maka akan kita mohonkan lagi,” katanya sesaat selepas penandatangan kerjasama di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Menurut Hermawan, upaya ini dilakukan sebagai respon dari permintaan masyarakat atas dibutuhkannya pendidikan mengenai BST kapal niaga sebagai penunjang kemampuan sdm putra daerah yang kita rencanakan pada bulan Februari 2020 diselenggarakan.

Baca Juga  Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Gelar Evaluasi Mudik dan Persiapan Mudik Balik 2024

“Sebelumnya kita sudah mengadakan BST untuk kapal KLM dan Nelayan, karena ada permintaan kapal niaga makanya kita upaya diselenggarakan,” jelas Hermawan.

Disamping itu, Hernawan menambahkan, tingkat minat besar juga datang dari sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di daerah agar juga mereka mendapatkan kesempatan mengikuti diklat khususnya BST kapal niaga.

“Bagi siswa SMK memang kita dorong agar lebih mengenal sehingga dapat manfaat dari diklat tersebut,” tandasnya.

Dengan melaksanakan diklat BST kapal niaga yang akan dilakukan oleh STIP Jakarta nanti, kita berharap ada minat yang tinggi dari seluruh masyarakat sehingga pelaksanaan diklat dapat berkelanjutan.

“Justru kita berharap minat dari masyarakat bisa lebih banyak dari kuota yang disediakan sehingga akan kita mohonkan lagi pada pihak STIP,” pungkas Hermawan.

Dalam penandatangan kerjasama itu juga dilakukan dengan Dinas Perhubugan Bangka Belitung, Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti, KSOP Kelas II Bangkal Balam, KSOP Kelas IV Selat Panjang, KSOP Kelas IV Kumai, KSOP Kelas IV Marunda, Akademi Marutim Djadajat, Amanjaya, SMKN 9 Pontianak. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE