Home » Umum » Perhubungan » Dirjen Hubla Agus Purnomo Buka Padat Karya di Tarakan
Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. R.Agus H. Purnomo, MM ditandai secara simbolis penyerahan cangkul kepada peserta sebagai tanda dimulainya kegiatan, Jum'at (2/4/2021).

Dirjen Hubla Agus Purnomo Buka Padat Karya di Tarakan

Sebarkan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

titikomapost.com, TARAKAN – KSOP Kelas III Tarakan Bersama UPT Ditjen Hubla Se-Kalimantan Utara dan Pelindo IV Cabang Tarakan, melaksanakan Padat Karya dilingkungan masing-masing secara serentak yang pembukaannya dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. R.Agus H. Purnomo, MM ditandai secara simbolis penyerahan cangkul kepada peserta sebagai tanda dimulainya kegiatan, Jum’at (2/4/2021).

Dirjen Agus H. Purnomo mengatakan, program padat karya dilakukan dalam rangka memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat, serta penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan Padat Karya tunai.

“Pelaksanaan padat karya ini sangat penting untuk dilaksanakan karena selain bertujuan untuk memberdayakan masyarakat khususnya kelompok masyarakat yang tidak menpunyai keterampilan atau skill juga bertujuan memupuk rasa kebersamaan, gotong-royong, dan partisipasi masyarakat sehingga proses pemulihan ekononi bisa lebih cepat,” jelas Agus saat membuka kegiatan tersebut di Tarakan.

Selain itu, program Padat Karya dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah dalam upaya menekan jumlah penganggur, setengah penganggur, dan masyarakat miskin di masa pandemi COVID-19.

“Kami berharap program padat karya yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini dapat mendukung kebijakan pemulihan ekonomi nasional, terutama pemberdayaan masyarakat yang terdampak luas wabah pandemi COVID-19, sehingga bisa memberikan impact langsung ke masyarakat kelompok unskill dan juga dapat membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat,” kata Agus seperti yang pernah disampaikan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Capt.M.H. Hermawan, S.Sit, MK, M.Mar mengatakan, padat karya yang dikakukan itu dilakukan serentak dijajaran UPT Perhubungan Laut di Tarakan dan sekitar yang melibatkan masyarakat di masing-masing yabg meliputi lokasi KSOP Kelas III Tarakan,  Distrik Navigasi Tarakan, Pelindo IV cabang Tarakan, UPP Kelas III Tanjung Selor, UPP Kelas III Pulau Bunyu, KSOP Kelas IV Nunukan, UPP Kelas III Sungai Nyamuk.

“Total diikuti 124 orang peserta yang terdiri dari masyarakat pengangguran, setengah pengangguran, dan masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Kegiatan meliputi pekerjaan :

  1. Bersih pantai di lokasi Pelabuhan Malundung sebanyak 50 orang;
  2. Pekerjaan Pemeliharaan Mess Pegawai Disnav Tarakan sebanyak 15 orang;
  3. Pekerjaan Pemeliharaan Rumah Jaga Operasional Disnav Tarakan sebanyak 15 orang;
  4. Pekerjaan Pemeliharaan Gedung Kantor UPP Tg. Selor sebanyak 6 orang;
  5. Pekerjaan Pemeliharaan Gudang Kantor UPP Tg. Selor sebanyak 3 orang;
  6. Pekerjaan Pemeliharaan Rumah Dinas Kepala Kantor UPP Pulau Bunyu sebanyak 10 orang;
  7. Pekerjaan Pemeliharaan Gedung Kantor UPP Pulau Bunyu sebanyak 10 orang;
  8. Pekerjaan Pemeliharaan Dermaga UPP Sungai Nyamuk 15 Orang;
  9. Pekerjaan Pemeliharaan Mess KSOP Nunukan sebanyak 10 orang. (RG)
Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
x

Check Also

Lewat Daring Pegawai Syahbandar Tanjung Perak Rasakan khidmatnya Harhubnas 2021

Sebarkan     titikomapost.com, SURABAYA – Kantor Kesyahbandaran Utama ...