Rakor bersama Tiga Kementerian Ketua DPD RI Bahas Polemik Pelindo III Dengan Mitranya

24
Ketua DPD RI didampingi Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainuddin, memimpin Rapat Koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Investasi/BKPM, Pemprov Jatim, PT Pelindo III dan stakeholder pelabuhan terkait Reklamasi pembangunan dan Pengelolaan Zona Logistik Terminal Multipurpose Teluk Lamong di Ruang Rapat Pimpinan DPD RI Gedung Nusantara III Lantai VIII Komplek Parlemen, Senayan, Jumat (17/9/2021).

titikomapost.com, JAKARTA – Pemutusan sepihak perjanjian kerja sama yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero terhadap mitra, mendapat perhatian serius dari Ketua  DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Perjanjian tersebut meliputi kegiatan Reklamasi Pembangunan dan Pengelolaan Zona Logistik Terminal Multipurpose Teluk Lamong.

Pembahasan mengenai hal tersebut dilakukan Ketua DPD RI dalam Rapat Koordinasi bersama Kementerian Perhubungan, BUMN dan Investasi/BKPM Bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, PT Pelindo III, dan Stakeholder Pelabuhan, Jumat (17/9/2021).

Diterangkan LaNyalla, Presiden Joko Widodo berulang kali menyampaikan bahwa indek kemudahan berusaha di Indonesia harus diperbaiki. Target investasi pun harus terus ditingkatkan.

“Bahkan, Presiden sampai harus mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha dan beragam stimulus ekonomi, untuk memastikan semua target tersebut tercapai. Begitu pula dengan tugas dan fungsi DPD RI, dimana salah satunya adalah fungsi pengawasan atas Undang-Undang tertentu dan implementasinya di lapangan,” kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur ini menjelaskan, sebagai representasi kepentingan Daerah, DPD RI wajib merespon secara cepat dan tepat dinamika yang terjadi di daerah.

Baca Juga  Jasa Raharja Madiun Ikut Rapat FKLL Kabupaten Magetan Persiapan Arus Mudik Lebaran 2024

“Rapat Koordinasi yang kita lakukan pun terkait dengan beberapa surat yang masuk kepada kami,” jelasnya.

Di antaranya berisi tentang permohonan perlindungan atas investasi, menyusul adanya pemutusan secara sepihak Perjanjian Kerja Sama oleh PT Pelabuhan Indonesia III Persero terhadap mitra kerja dalam kegiatan Reklamasi Pembangunan dan Pengelolaan Zona Logistik Terminal Multipurpose Teluk Lamong.

Menurutnya, hal ini menjadi preseden buruk bagi upaya-upaya terkait percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, sebagaimana digaungkan Presiden Jokowi.

“Termasuk hubungan antara daerah dan pusat, yang dalam hal ini direpresentasikan oleh kementerian sektoral dan Badan Usaha Milik Negara. Tentu kita harus mengedepankan semangat mencari solusi. Bukan semangat ego sektoral,” katanya.

LaNyalla menambahkan, Sebab, jika semangat ego sektoral yang dikedepankan, kerugian pasti dialami oleh semua pihak. Karena masing-masing memiliki kewenangan untuk mengedepankan ego sektoral.

“Permasalahan ini sangat serius. Apalagi jika berujung ke pengadilan dan gugatan. Tentu akan merugikan dan memperburuk wajah iklim investasi di Indonesia, di mata investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Sebab, dengan dalih apapun, termasuk adanya rencana merger antara PT Pelindo I, II, III dan IV, tidak serta merta membatalkan semua Perjanjian Kerja Sama yang telah disepakati dan ditandatangani,” katanya.

Baca Juga  Jasa Raharja Probolinggo Gelorakan Kampanye Keselamatan Bersama Perusahaan Otobus

Mantan Ketua Umum PSSI itu mengingatkan, proses lahirnya Perjanjian Kerja Sama tersebut telah melalui beberapa korespondensi resmi antar Kementerian dan Pemerintah Daerah serta para pihak yang terkait.

“Bahkan telah melahirkan Keputusan dan Peraturan serta Perijinan dari kementerian dan pemerintah provinsi. Tetapi saya meyakini, bahwa semua pihak yang hadir di sini berada dalam satu semangat untuk membantu pemerintah, dalam hal ini Presiden, agar apa yang sudah menjadi harapan dan target tercapai. Termasuk harapan Presiden untuk mempercepat pembangunan jalur logistik laut dan meningkatkan kekuatan Maritim,” jelasnya.

LaNyalla menyampaikan, salah satu yang menjadi concern pemerintah adalah pembangunan pelabuhan.

“Karena masa depan bangsa kita sebagai Negara Kepulauan, ada di laut,” katanya.

Oleh sebab itu, dari rakor ini diharapkan muncul sebuah rekomendasi yang bisa menjadi solusi bersama. (die/lnm(

 

 

KETERANGAN FOTO :

Ketua DPD RI didampingi Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainuddin, memimpin Rapat Koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Investasi/BKPM, Pemprov Jatim, PT Pelindo III dan stakeholder pelabuhan terkait Reklamasi pembangunan dan Pengelolaan Zona Logistik Terminal Multipurpose Teluk Lamong di Ruang Rapat Pimpinan DPD RI Gedung Nusantara III Lantai VIII Komplek Parlemen, Senayan, Jumat (17/9/2021).

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE