Home » Umum » Sosbud » Budaya & Religi » Mensos Hadiri Sidang Sinode XVIII, Kelancaran Transportasi Penunjang Diapresiasi GKI
Plt KSOP Jayapura, Willem Thobias Fofid (kiri) saat dampingi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kanan) diatas kapal dalam kunker yang sekaligus ikuti jalannya Sidang Sinode ke XVIII GKI Papua, Jum'at (22/7/2022).

Mensos Hadiri Sidang Sinode XVIII, Kelancaran Transportasi Penunjang Diapresiasi GKI

Sebarkan

titikomapost.com,  JAYAPURA – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini hadiri jalannya Sidang Sinode GKI di Tanah Papua ke XVIII dalam rangkaian kunjungan kerja (Kunker). Dia menyebut selamat atas jalannya sidang yang tak terlepas berkat dukungan Kementerian Perhubungan yang menyediakan kapal-kapal perintis sebagai armada transportasi para peserta dan logistik selama berlangsungnya acara akbar tersebut.

Agenda kunjungan Menteri Sosial di Kabupaten Kepulauan Yapen adalah untuk mengunjungi lokasi pertanian rumput laut serta berdialog dengan petani rumput laut dan nelayan lokal. Setelah itu, Mensos bertolak ke Pelabuhan Waren untuk mengikuti proses penyelenggaraan Sidang Sinode ke 18 di Kabupaten Waropen.

Dalam sambutan singkat, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengaku sejak menjadi Wali Kota Surabaya sudah sering ke Papua, bahkan ia juga pernah bahkan pernah diundang ke Mansinam dan ia hadir serta berbicara di sana.

“Saya senang sekali bisa berada di Tanah Papua, seringkali masyarakat menyebutkan ya Ibu Risma orang Jawa, kemudian pake kerudung kenapa harus datang ke Papua? Bapak-Ibu sekalian hati tidak bisa ditipu. Kalau kita mengikuti hati, maka apapun nalar dan pikiran kita itu tidak bisa terlepas dari perasaan itu,” katanya saat memberikan sambutan dihadapan para peserta sidang sinode, Jum’at (22/7/2022).

Mensos RI Tri Rismaharini foto bersama peserta Sidang Sinode GKI di Tanah Papua ke XVIII di Kabupaten Waropen, Papua, Jumat, (22/7/ 2022).

Mentan Walikota Surabaya yang akrab disapa bu Risma itu juga menyampaikan, atas nama Pemerintah mengucapkan selamat atas Sidang Sinode GKI di Tanah Papua ke XVIII, mudah-mudahan ini menjadi titik bukan awal untuk meneruskan pergerakan untuk pembangunan manusia di Papua.

“Selamat melaksanakan sidang sinode bagi GKI di Tanah Papua,” ujar Mensos dalam pidatonya dihadapan peserta sidang sinode.

Pada kesempatan yang sama, Sinode GKI Tanah Papua melalui Kabag Humas Pdt. Petrus Imolyana memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Jenderal Perhubungan Laut c.q KSOP Jayapura yang telah ikut mensukseskan jalannya sidang sinode.

“Terima kadih atas bantuan 9 kapal perintis yang telah melayani peserta sidang sinode dan distribusi logistik selama sidang sinode berlangsung,” ucapnya.

Mensos Tri Rismaharini saat dihadapan wartawan dalan Kenker di Papua.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid yang pada saat itu juga mendampingi Mensos menyampaikan, dalam penyelenggaraan layanan angkutan laut kapal perintis selain dengan pengoperasian 9 kapal perintis, KSOP Jayapura juga turut mengerahkan kapal patroli KPLP KNP.399

“Selain itu kapal patroli KPLP di UPT-UPT Dirjen Perhubungan Laut seperti KSOP Jayapura, UPP Serui, KSOP Manokwari, KSOP Biak, UPP Korido dan KSOP Sorong juga dikerahkan,” terangnya.

Kapal patroli, lanjut Willem, secara maksimal lakukan pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran di wilayah perairan dari Jayapura, wilayah perairan teluk cenderawasih dimana lokasi sidang sinode dilaksanakan sampai dengan jalur perairan menuju Nabire, Manokwari dan Sorong.

“Hal itu dilakukan sebagai upaya kelancaran pelaksanaan jalanya sidang sinode ke 18 berlangsung,” imbuhnya.

Senada, Kepala UPP Serui, Fathoni menambahkan, untuk menunjang kelancaran sidang sinode, Yapen sebagai pelabuhan singgah telah mengoperasikan terminal penumpang Domine Iszack Samuel Kijne.

“Terminal itu sendiri baru saja dibangun ,dan diresmikan Bupati Kepulauan Yapen Toni Tesar tanggal 17 Juli 2022 lalu,” katanya.

Dalam pelayanan penanganan embarkasi dan debarkasi penumpang, Tim UPP Waren terus berkoordinasi dengan Korlap setiap Klasis-klasis peserta dan Dishub Kabupaten Waropen serta Perum Damri untuk mengupdate setiap peserta dari  lokasi penjemputan ke pelabuhan begitu sebaliknya,” tambah Kepala UPP Waren, Capt. Markus.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi yang juga mantan Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, Bupati Jayapura, Bupati Kepulauan Yapen, Bupati Biak Numfor, Ketua Sinode GKI Tanah Papua Pdt. Andrikus Mofu, Mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu, Plt. Ka.KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid, Dandim Yapen Waropen Letkol Catur, Kapolres Yapen AKPB Herzoni Saragih, Kapolres Waropen AKBP Naharudin, Ka.UPP Serui Fathoni, Ka.UPP Waren Capt. Marcus Kumendong dan Komandan Kapal Patroli KPLP KNP.399 Capt. Nellce Harewan. (RG/red)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
x

Check Also

Titik Bangkai KM Fajar Nusantara Tak Bertanda Potensi Bahayakan Keselamatan Pelayaran

Sebarkan     titikomapost.com, SURABAYA – Keberadaan kapal ...