Home » Umum » Sosbud » Budaya & Religi » MV Arka Kinari Berbendera Belanda Akan Konser di Pelabuhan Tanjung Perak
Posisi sementara kapal Arka Kinari tender pada KN 371 di Dermaga kapal Negara Mirah, Jum'at (12/8/2022). (RG)

MV Arka Kinari Berbendera Belanda Akan Konser di Pelabuhan Tanjung Perak

Sebarkan

titikomapost.com, SURABAYA – Kapal duta budaya terapung MV. Arka Kinari berbendera Belanda akan sandar di Dermaga Surabaya Vime pelabuhan Tanjung Perak untuk lakukan pertunjukan musik dan visual sinematik dengan pesan kesadaran akan krisis iklim dan pemanasan global yang akan diselenggarakan, Sabtu (13/8/2022).

Kabar kedatangan kapal MV. Arka Kinari itu dikabarkan oleh Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak kepada titikomapost.com oleh Kepala Bidang P3 melalui salah satu seksinya, Ahmad Zaini yang didampingi Saifullah mengatakan, pelabuhan Tanjung Perak kedatangan kapal berbendera Belanda yang akan melakukan konser musik diatas kapal pada hari Sabtu (13/8) besok.

“Kapal ini keliling Indonesia untuk lakukan pertunjukan musik di atas kapal dari pelabuhan ke pelabuhan. Sebelumnya telah lakukan konser di pelabuhan Semarang,” terangnya, Jum’at (12/8/2022).

Kedatangan itu, lanjut Zaini, ditunjukkan atas surat no. 22-LB-Agustus-05 dari Yayasan Lintas Batas yang secara resmi menaungi Kapal MV. Arka Kinari memberitakukan untuk melakukan kegiatan di area pelabuhan Tanjung Perak.

“Kedatangan dan Izin kegiatan kapal Arka Kinari telah ditindaklanjuti dengan lakukan koordinasi dengan Pelindo dan pihak terkait,” ujarnya.

Kapal itu sendiri sudah dua hari masuk di pelabuhan Tanjung Perak, dan lakukan tender di Dermaga kapal negara pelabuhan Mirah

“Kami arahkan tender dengan pertimbangan keamanan dengan tingginya traffic lalu lintas kapal di pelabuhan Tanjung Perak,” imbuh Saifullah.

Terpisah, GM Kalimas Terminal Penumpang RO-RO Pelindo Sub Regional Jawa,  Dhany Rachmad Agustian membenarkan adanya rencana sandarnya kapal MV Arka Kinari di Dermaga Surabaya Vime untuk melakukan kegiatan pertunjukan musik pada hari Sabtu (12/8) besok.

“Awalnya kapal tersebut minta penyandaran di Dermaga Jamrud Utara lalu kita alihkan ke Dermaga Vime dengan pertimbangan oprasional bongkar muat kapal penumpang,” kata Dhany.

Selain itu, lanjut Dhany, kita sediakan ruang di Dermaga Surabaya Vime pada saat penyandaran kapal Arka Kinari, kapal itu hanya panjang sekitar 18 meter draff 2 meteran lebih cocok di Jamrud Selatan, dan mudah melakukan pengamanan.

“Disamping itu, kegiatan kapal RORO sedang kosong tidak ada jadwal sandar,” jelasnya.

Sedang informasi yang didapat, Kapal MV.Arka Kinari adalah sebuah platform kebudayan terapung untuk menciptakan kesadaran lingkungan yang digagas oleh Grey Filastine (Amerika-Spanyol) dan Nova Ruth (Indonesia-Malang) untuk mempromosikan kebertahanan terhadap perubahan iklim serta terlibat kembali dengan laut yang telah lama terabaikan.

MV. Arka Kinari juga melakukan pertunjukan multimedia yang dipentaskan dari geladak kapal layar dengan pertunjukan musik dan visual sinematik dengan pesan kesadaran akan krisis iklim dan pemanasan global.

Jadwal kedatangan Kapal Arka Kinari : Rabu, 10 Agustus 2022

Persiapan Konser Kapal : Jumat, 12 Agustus 2022

Kegiatan Konser Kapal : Sabtu, 13 Agustus 2022

Arka Kinari Meninggalkan Surabaya : Selasa, 16 Agustus 2022

Sedikit informasi terkait Kapal MV. Arka Kinari, adalah Kapal Pesiar non komersial dengan nomor registrasi 24023 Z 2015 di Belanda dengan spesifikasi sebagai berikut : Hull dibangun dari baja di Jerman pada tahun 1947.

Panjang 18,8 m, lebar 5,6 m, 2,6 m (kedalaman di bawah air)

Didorong oleh Detroit Allison V-6 S71 dengan nilai 135

Nomor motor: 6VA106589

Tonase kotor: 45

Tonase bersih: 13. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Sebarkan
x

Check Also

Lestarikan Seni Reog Simo Joyo Katong Gelar Aksi

Sebarkan     titikomapost.com, SURABAYA – Upaya melestarikan ...