Pangkalan PLP Tanjung Perak Bersama Syahbandar dan KSOP Gresik Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

199
Patroli sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilakukan jajaran Pangkalan PLP Tanjung Perak.

titikomapost.com, SURABAYA – Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (P PLP) Kelas II Tanjung Perak bersama Kesyahbandaran Tanjung Perak ,dan KSOP Gresik menggelar operasi bersama sosialisasikan keselamatan pelayaran yang dilaksanakan pada hari Rabu (22/2) di perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya.

Patroli sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilakukan jajaran Pangkalan PLP Tanjung Perak di perairan Tanjung Perak.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka membentuk pelaut yang tangguh dalam menerapkan standar profesi, khususnya dalam menjalankan googseamanship menghadapi cuaca buruk, sehingga dipandang perlu dilaksanakan pembinaan yang baik dan terarah terhadap pelaku pelayaran Internasional, nasional dan pelayaran lokal.

“Untuk mengapresikan pelaksanaan tugas, kebijakan dan standarisasi teknis bidang perhubungan laut,  maka kaami lakukan kegiatan operasi bersama sosialisasi keselamatan pelayaran dalam rangka memperingati hari jadi P PLP ke-35 dan HUT KPLP ke-50 melaksanakan kegiatan sosialisasi Keselamatan Pelayaran,” kata Sugeng Riyono, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (P PLP) Kelas II Tanjung Perak, Rabu (22/2/2023).

Kegiatan donor Darah Pangkalan PLP Tanjung Perak di PMI dalam rangka HUT KPLP ke 50 dan Pangkalan PLP ke 35, Kamis (16/2/2023).

Kegiatan sosialisasi keselamatan tersebut, lanjut Sugeng, bermaksud memberi motivasi terhadap pengguna jasa angkutan laut tentang pentingnya keselamatan transportasi  laut yang aman, tertib dan nyaman serta menginformasikan perlindungan maritim diseluruh wilayah perairan laut dan pantai Indonesia. Serta melakukan peningkatan pengawasan, keselamatan dan ketertiban serta mengetahui terhadap pelaku transportasi laut sesuai standar nasional maupun internasional.

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Arus Balik, Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

“Masih seringnya kejadian musibah di laut,  kami pansang perlu dan penting kita ingatkan pada kru kapal untuk mentaati ketetuan,” terangnya.

Sedang armada kaapal patroli yang dilibatkan dalam operasi bersama sosialisasi keselamatan pelayaran itu diikuti 4 kapal patroli yaitu, KNP 329, 371 milik P PLP Tanjung perak, KNP 365 milik KSOP Gresik, dan KNP 368  milik Syahbandar Tanjung Perak.

“Target tepat sasaran yang kita periksa benar-benar mereka akan memahami dan mengerti serta melengkapi kekurangan kelengkapan alat alat keselamatan,” ujar Sugeng.

Santunan keoada anak yatim piatu oleh Kepala Pangkalan PLP, Sugeng Riyono.

Sedang, rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan jajaran Pangkalan PLP dalam memperingati HUT P PLP ke-35 yang sekaligus peringatan KPLP ke 50 meliputi, gerakan bersih-bersih lingkungan kantor, kegiatan donor darah yang bekerjasama denfan PMI, kegiatan bhakti sosial memberikan santunan kepada salah satu yayasan anak yatim yang ada di Surabaya, dan patroli bersama yang dilakukan dengan Kesyahbandaran Tanjung Perak, KSOP Gresik.

Serta, Sugeng mengingatkan, aian juga ada gelar pasukan dan penyerahan bantuan alat keselamatan life jacket kepada nelayan yang akan dilakukan pada puncak acara peringatan HUT P PLP ke-35 nanti pada tanggal 27 Februari 2023 di Terminal Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak.

Baca Juga  Pelindo Jamin Layanan Operasional Logistik Selama Libur Lebaran 2024

“Semoga dari semua kegiatan yang telah kita lakukan, kami dapat mengambil makna kebersamaan. Tidak ada pekerjaan yang berat jika kita pikul bersama,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE