Meroketnya Pemudik di Tanjung Perak Jadi Atensi Kapolri dan Menhub  

71
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga di dampingi Dirjen Hubla, Arif Toha saat cek langsung jalannya angkutan mudik lebaran 2023 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (19/4/2023).

titikomapost.com, SURABAYA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan jajaran TNI meninjau langsung pelayanan mudik di Pelabuhan Tanjung Perak. Hal itu dilakukan untuk melihat langsung derasnya arus mudik yang menunjukkan angka kenaikan daripada tahun lalu dimana sudah menembus 85 ribu lebih pemudik hingga saat ini.

Dalam giat kunjungan itu, para penggede pusat itu juga didampingi Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Kepala Otoritas Pelabuhan, Anto Yulianto dan jajaran Syahbandar Tanjung Perak serta berkesempatan pula melakukan video conference dengan layanan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, dan Pelabuhan Padang Bay. Dimana, tahun ini diprediksi ada peningkatan jumlah pemudik dibandingkan tahun lalu. Khusus di pelabuhan Tanjung Perak ada peningkatan jumlah pemudik dari Kalimantan, Makassar, hingga Lombok yang datang ke Surabaya bilang dibandingkan tahun lalu dalam hitungan hingga 15 hari setelah Lebaran jumlah penumpang kapal laut kisaran sekitar 120 ribu seperti data yang tercatat pada tabel angleb Pelindo.

“Ada peningkatan jumlah pemudik di tiga pelabuhan ini sebanyak 10 -15 persen,” ungkap
Kapolri, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga  Tingkatkan Sinergitas, Kepala Jasa Raharja dan Pembina Samsat Lakukan Audiensi Bersama PJ Walikota Kediri

Pada kesempatan itu, Kapolri juga berpesan bahwa seluruh jajaran Kepolisian agar terus bersinergi dengan TNI dan Kementerian Perhubungan serta stakeholder terkait guna memberikan pelayanan terbaik terhadap pemudik.

“Meski jumlah pemudik meningkat, pelayanan harus tetap dilaksanakan secara maksimal,” pesannya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, apa yang dilakukan pada hari ini adalah kolaborasi yang luar biasa bersama Polri dan TNI Guna melihat perkembangan pelaksanaan mudik lebaran di Tanjung Perak maupun di Bali.

“Saya sampaikan semua terlaksana dengan baik. Koordinasi antara Kementerian Perhubungan dengan TNI -Polri dinilai berjalan aman dan sesuai dengan harapan pak Presiden,” tuturnya kepada Presiden Jokowi saat ditanya terkait perkembangan angkutan lebaran. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE