Disela Tinjau Arus Balik Sesditjen Hubla Lihat Pelampung Suar Karya Disnav Belawan

218
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan didampingi Plt. Kadisnav Tipe A Kelas I Belawan Capt. Renaldo Sjukri, MM saat meninjau Taman Pelampung Suar di Kantor Distrik Navigasi Belawan, Minggu (30/4/2023).

titikomapost.com, MEDAN – Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyempatkan melihat pelampung suar buatan Disnav Belawan yang berada di taman Pelampung kantor Distrik Navigasi  disela meninjau langsung proses arus balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Belawan, Medan Sumatera Utara, Minggu (30/4/2023).

Lollan mengungkapkan arus balik di Pelabuhan Belawan berjalan lancar dan terkendali, dalam peninjauan tersebut Lollan juga meninjau langsung kedatangan dan keberangkatan KM.Kelud dengan rute Belawan-Batam.

“Arus balik di Pelabuhan Belawan Berjalan baik dan lancar, tadi saya langsung meninjau KM. Kelud dengan rute Belawan-Batam masih banyak penumpang yang akan melakukan kegiatan untuk mudik” ujar Lollan.

Dalam kunjungan ke Navigasi, Sesditjen Hubla Lollan melihat beberapa Pelampung Suar karya jajaran Disnav Belawan yang berada di Taman Pelampung Kantor penata rambu-rambu pelayaran itu.

Pada kesempatan itu, Plt. Kadisnav Tipe A Kelas I Belawan Capt. Renaldo Sjukri, MM memberi penjelasan kepada Sesditjen bahwa pelampung suar buatan disnav perlu adanya hak paten dari Menkumham sehingga kedepannya bisa menunjang kinerja BLU Kenavigasian dalam meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Baca Juga  Jasa Raharja Pamekasan Lakukan Monitoring Digitalisasi & Pengutipan IWKL Bagi Operator Kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep

“Pelampung suar hasil karya jajaran Disnav Belawan ini perlu mendapat hak paten agar kedepan bisa menunjang navigasi guna meningkatkan PNBP,” jelas Renaldo.

Lebih lanjut Lollan menjelaskan KM. Kelud dari Batam ke Belawan jumlah penumpang sebanyak  2.384 penunpang sedangkan rute Belawan-Batam sebanyak 3.736 penumpang dan masih berada dalam batas kapasitas kapal.

“Jadi total pada tanggal 30 April 2023 ini  penunpang yang naik dan turun KM. Kelud sebanyak 6.120 penumpang,” jelas Lollan.

Lollan mengapresiasi seluruh stakeholder yang bertugas di Pelabuhan Belawan dikarenakan koordinasi yang baik antar instansi dan stakeholder, masyarakat dapat melakukan kegiatan mudik nyaman dan lancar.

“Kelancaran masyarakat dalam mudik tahun 2023 ini juga berkat koordinasi yang baik, apresiasi saya berikan kepada instansi TNI/Polri,  Pemerintah Daerah,  PT. Pelni, Pelindo,  dan stakeholder terkait lainnya,” ujar Lollan.

Terakhir Lollan juga menyanjung masyarakat yang  telah mematuhi peraturan yang ada serta mematuhi instruksi para petugas di lapangan demi kelancaran dan kenyamanan.

“Saya mengapresiasi Masyarakat dalam hal ini para penumpang kapal yang telah mematuhi peraturan dan instruksi petugas sehingga hari ini saya melihat para penumpang disiplin, tertib dan mudah diatur. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk membeli tiket secara online agar mendapatkan kepastian waktu berangkat sehingga bisa datang ke pelabuhan mendekati waktu keberangkatan kapal,” pungkas Lollan.

Baca Juga  Gelar Operasi Gabungan Samsat Nganjuk Tingkatkan Kepatuhan Masyarakat Akan Pajak Kendaraan Bermotor  

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Kapolres Belawan, Joshua Tampubolon, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Capt. Bharto, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Capt. Wisnu Handoko. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE