Sambut Harhubnas 2023 Syahbandar Belawan Buka Layanan Buku Pelaut Gratis

268
Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Mulyadi bersama jajaran saat memberikan keterangan pers.

titikomapost.com, MEDAN – Meriahkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 dengan motto “Melaju Untuk Transportasi Maju”, seiring dengan itu, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan menggelar pelayanan perpanjangan buku pelaut secara gratis hingga 22 September 2023 mendatang.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Mulyadi mengatakan, serangkaian kegiatan digelar dalam rangka menyemarakkan Harhubnas 2023 yang salah satunya memberi layanan perpanjangan buku pelaut gratis guna mendukung gerak laju para pelaut yang begitu besar kontribusinya untuk negeri sebagai awak kapal demi logistik nasional.

“Kami memberikan pelayanan perpanjangan buku pelaut secara gratis sejak tanggal 10 hingga 22 September 2023 seirama dengan motto harhubnas ini, Melaju Untuk Transportasi Maju,” katanya, Sabtu (16/9/2023).

Selain itu, dari hari Kamis (14/9/2023) juga telah berlangsung kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para pelaut bekerjasama dengan Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan dan Universitas Pertamina.

“Untuk pihak rumah sakit melakukan medical cek up kepada para pelaut. Sedangkan dari Universitas Pertamina mempromosikan kepada pelaut yang mau mengupdate ijazahnya ke tingkat lebih tinggi,” imbuh Mulyadi.

Baca Juga  Tim Pembina Samsat Tulungagung Gelar Rapat Koordinasi Untuk Tingkatkan Layanan

Selain itu, Mulyadi menambahan, kegiatan tabur bunga guna mengenang pendahulu kita yang gugur di lautan juga dilakukan dalam rangian harhubnas tahun ini.

“Tabur bunga itu merupakan aksi simbolik untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di lautan,” imbuhnya.

Mulyadi sangat berterima kasih kepada seluruh unsur terkait yang sudah mensukseskan seluruh kegiatan Harhubnas 2023 dan bangga atas sinergisitas yang terbangun dengan baik.

“Kegiatan yang kolaboratif ini dapat menjadi langkah baik ke depan. Agar sinergitas setiap lembaga untuk mencapai kepentingan bersama dapat tercapai,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala RS Prima Husada Cipta Medan Syafril Armansyah kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan pemeriksaan kesehatan pelaut yang bermutu sesuai aturan yang berlaku.

“Kami dukung kegiatan ini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan surat keterangan sehat bagi pelaut dan siswa pelaut. Total pemeriksaan dilakukan kepada 100 orang dan 25 orang di antaranya melakukan screening medical dengan surat keterangan sehat,” ujarnya.

Sedang untuk puncak  Harhubnas 2023 itu sendiri, Mulyadi menambahkan, pelaksanaannya akan dilangsungkan upacara bendera pada hari Selasa tanggal 19 September 2023 dengan Irup Pj. Gubernur Sumut.

Baca Juga  Wajib Pajak Harus Tau Manfaat SWDKLLJ bagi Kendaraan Terlibat Laka Lantas

“Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan akan memberikan 143 Sertifikat Basic Safety Training Kapal Layar Motor + Surat Keterangan Kecapan 60 Mil secara GRATIS  dan 100 buah life jacket kepada masyarakat pesisir khususnya nelayan kecil,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE