Amerika Tilik Kekuatan Armada Kapal Patroli Pangkalan PLP Tanjung Perak

111
Amerika Tilik Kekuatan Armada Kapal Patroli Pangkalan PLP Tanjung Perak
Dekegasi Amerika saat tilik kekuatan armada kapal Patroli Pangkalan PLP Tanjung Perak di Deemaga Mirah pelabuhan Tanjung Perak, Jum'at (28/6/2024)

titikomapost.com, SURABAYA – Gaung KPLP makin besar di dunia Internasional, tak ayal Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak menerima Kunjungan dari 3 (tiga) Delegasi Amerika yang terdiri atas perwakilan dari Defense Institute of International Legal Studies (DIILS), US. Coast Guard dan US. Navy Retired sebagai bentuk perkuat kerjasama sektor kemaritiman yang didampingi juga perwakilan para peserta Legal Maritime Security Capacity Building Engangement yang terdiri dari berbagai instansi di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Mabes TNI, TNI AL, Polairud, Bea Cukai, dan Bakamla di Surabaya, Jumat (28/6/2024).

Kunjungan ini dilaksanakan di atas kapal Negara Patroli KN. Chundamani P.116 yang sandar di Terminal Mirah Tanjung Perak, Surabaya dan disambut oleh Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak yang diwakili oleh Koordinator Tata Usaha Capt. Rusmanu dan Komandan Patroli KN. Chundamani P.116 Capt. Subairi beserta ABK dan jajaran anggota Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Amerika Tilik Kekuatan Armada Kapal Patroli Pangkalan PLP Tanjung Perak
Amerika Tilik Kekuatan Armada Kapal Patroli Pangkalan PLP Tanjung Perak

Menurut Capt. Rusmanu, kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam bidang kemaritiman terutama tentang keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.

Baca Juga  Raih Penghargaan di ASEAN Risk Awards 2024, Jasa Raharja Buktikan Mampu Bersaing di Kancah Internasional

“Hal ini merupakan bentuk komitmen meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di wilayah perairan indonesia dan sebagai langkah mempererat kerjasama di bidang kemaritiman serta untuk bertukar informasi antara pihak Amerika dan para instansi penegakan hukum di bidang maritim di Indonesia,” kata Capt. Rusmanu.

Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan ini ke depan hubungan kerjasama antara Amerika dengan Indonesia terutama Kementerian Perhubungan dan Personil KPLP dapat terjalin dengan baik dan saling bertukar informasi dan peningkatan SDM sesuai dengan kompetensi khususnya dalam hal menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan maritim di wilayah perairan Indonesia.

Adapun kunjungan ini merupakan yang kesekian kalinya setelah beberapa waktu lalu juga telah dilaksanakan kunjungan antara US. Coast Guard dengan Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Pada kesempatan tersebut, diperkenalkan juga profil Pangkalan PLP Tanjung Perak serta tugas pokok dan fungsi Pangkalan PLP sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 119 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai dan Kewenangan Penjagaan Laut dan Pantai sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan komandan kapal patroli KN. Chundamani P.116 beserta personel Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Baca Juga  Tantangan Besar Pengurus Baru DPC IPERINDO Jatim Membawa Industri Maritim Bersinar

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Delegasi DIILS diwakili oleh Miss Jamie Jones, US. Coast Guard yang diwakili oleh CDR. Steve Oliver dan perwakilan dari US. Navy Retired diwakili oleh Mr. Shane Cooper dan para peserta Legal Maritime Security Capacity Building Engagement. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE