Home » Umum » Perhubungan » Harhubnas 2020 Otoritas Pelabuhan Anugerahi 12 Perusahaan Terbaik Tanjung Perak
Dari kiri, Direktur Utama PT PMS Group, Eko Hariyadi Buduyanto, Kepala OP Utama Tanjung Perak, Arif Toha, wakil PT Indofood Sukses Makmur saat pemberian penganugerahan kategori TUKS terbaik 2020 di Terminal penumpang GSN Tanjung Perak, Kamis (15/9/2020).

Harhubnas 2020 Otoritas Pelabuhan Anugerahi 12 Perusahaan Terbaik Tanjung Perak

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

SURABAYA – Pada momentum Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2020 ini, kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak memberikan penghargaan atas prestasi kinerja operator pelabuhan dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) atas peningkatan kinerjanya yang telah mendukung kelancaran arus logistik Nasional khususnya di Jawa Timur.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Arif Toha mengatakan, dalam rangka memperingati Harhubnas tahun 2020 kita memberikan penghargaan kepada insan maritim di wilayah pelabuhan Tanjung Perak sebagai wujud penilaian kepada mereka agar termotivasi untuk terus memperbaiki kinerjanya.

“Kita ingin pelabuhan Tanjung Oerak menjadi pelabuhan yang efisien, yang cepat, yang mudah, dan berwawasan lingkungan terutama sehat untuk selalu menjalankan protol kesehatan di era New Normal saat sekarang ini,” katanya sesaat setelah Penganugeraan penghargaan kinerja oprasional pelabuhan dalam rangka hari Perhubungan Nasional tahun 2020 di Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (15/9/2020).

Penghargaan semacam ini, lanjut Arif, nantinya setiap tahun akan dilakukan pemberian kepada pihak-pihak yang dinilai layak untuk menyandang anugerahnya untuk menyemangati agar semakin hari semakin baik, dan apa yang menjadi asa Kementerian Perhubungan ‘Wujudkan asa Majukan Indonesia’itu bisa tercapai.

“Kriteria yang kami lakukan dari segi kinerjanya, optimalisasi dari pejerjaannya, juga administrasinya serta kesesuaian dengan peraturan itu juga kita nilai. Diharapkan semua bisa melaksanakan prinsip-prinsip Good Cirporate Governance,” terang Arif.

Untuk mengukur keberhasilan pelayanan yang sudah dilakukan, Arif menambahkan, kami juga membuka layanan telpon aduan untuk mendapatkan feedback pelayanan yang sudah diberikan kantor Otoritas Pelabuhan (OP) kepada pengguna jasa dengan catatan ada data pendukungnya.

“Khususnya pelayanan OP dan pelabuhan Tanjung Perak pada umumnya supaya kita bisa memperbaiki diri apa yang masih kurang dari pelayanan yang diberikan,” jelasnya.

“Kita ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, KTU kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Azhar Karim menambahkan, cara penilaian dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh kantor Otoritas Pelabuhan selama setahun operasi yang dilakukan secara intensif.

“Penilaian ini fair yang dilakukan secara selektif,” ucap Azhar.

Sementara itu, salah satu penerima penghargaan TUKS terbaik,  Direktur Utama Pelindo Marines, Eko Hariyadi Budiyanto menyampaikan, Pelindo Marines selalu berupaya disiplin untuk mematuhi aturan dan ketentuan regulator. Mulai dari tertib dalam pengurusan perizinan dan pelaporan kinerja operasional, serta kooperatif dalam memenuhi arahan dalam menjalankan operasional galangan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak.

“Tersedianya galangan kapal dengan service excellence tentunya juga menjadi kontribusi penting untuk mengoptimalkan performa Pelabuhan Tanjung Perak sebagai simpul penting di alur logistik nasional,” ujarnya.

Sedangkan, para penerima penghargaan adalah :
A. Kategori Terbaik Operator Terminal berdasarkan kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak tahun 2020 diberikan kepada:
1.PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA
2.PT. BERLIAN JASA TERMINAL INDON ESIA

B. Kategori terbaik Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS):
1.PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk.
2. PT. PELINDO MARINE SERVICE (PMS)

C. Kategori terbaik perusahaan keagenan kapal pelabuhan Tanjung Perak 2020:
1. PT. MUTIARA TIRTA DEWATA
2. PT. SAMUDERA AGENCIES INDONESIA
3. PT. GLOBAL SHIPPING INDONESIA

D. Kategori terbaik perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) pelabuhan Tanjung Perak tahun 2020
1 PT. SUNAN INTI TRANS
2. PT. PERWINDA TRANSCOTAMA
3. PT. DIRGANTARA SURYA PERSADA

E. Kategori terbaik Kinerja Pengelolahan Lingkungan Hidup pelabuhan Tanjung Perak:
1. PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk.
2. PT. TERMINAL TELUK LAMONG
3. PT. PAL INDONESIA (Persero)
4. PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAAYA. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelindo III Komitmen Dukung Tol Laut

Share this...FacebookTwitterSURABAYA – PT Pelabuhan ...