Sukses Kawal Angleb 2023 Syahbandar Tanjung Perak Raih Penghargaan DLU

59
Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto. MM. (Kiri) saat menerima penghargaan Pt DLU yang diserahkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Hendri Ginting di JW Mariot Surabaya, Jum'at (7/7/2023).

titikomapost.com, SURABAYA – Kesayahbandaran Utama Tanjung Perak meraih penghargaan yang diberikan oleh PT Dharma Lautan Utama (DLU) dalam acara “Anugerah Penghargaan dan Apresiasi Mitra Kerja PT Dharma Lautan Utama (DLU)” dalam Mensukseskan Angkutan Lebaran (Angleb) & Liburan Sekolah 2023) kategori regulator daerah di JW Mariot Hotel Surabaya, Jumat (07/07/2023) malam.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Hendri Ginting, Anggota Komisi V DPR RI sekaligus Komut Asabri Fary Djemy Francis, Kepala Dinas Perhubungan Jatim Dr Nyono, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak M. Anto Julianto dan NPSDM Jatim Wahid Wahyudi

Penghargaan ini diterima oleh langsung oleh Kepala KSU Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto dalam kategori regulator daerah, dimana Syahbandar menjadi salah satu UPT Ditjen Hubla yang turut menyukseskan Angkutan Lebaran & Liburan Sekolah 2023.

“Alhamdulillah jalannya angkutan libur lebaran dan libur sekolah di Tanjung Perak berjalan aman dan lancar. Hal itu berkat kerjasama semua pihak yang bertekad kegiatan tahunan itu aman, nyaman, berkesan serta ziro accident,” ujar Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Capt. Heru Susanto. MM.

Baca Juga  Kunjungan Samsat Bondowoso ke Dealer Kendaraan Baru Sinergi Meningkatkan Kontribusi Pendapatan BBN 1  

Kesuksesan angkutan lebaran tahun ini, tidak hanya di Tanjung Perak saja, lanjut Heru, sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa syahbandar harus memantau jalannya arus balik-mudik angkutan lebaran 2023 secara langsung, yangmana pihaknya telah melakukan pantauan langsung di lapangan dengan menebar seluruh anggotanya di simpul-simpul padat jalannya angleb, khususnya di Madura dan daerah Tapal Kuda.

“Saya bersyukur angleb di Jawa Timur terkendali dengan aman dan lancar karena saya lihat sendiri, sesuai instruksi menteri perhubungan saya waktu itu berputar di daerah tapal kuda madura yang terpantau aman, baik di Jangkar, Raas, Kangean, Sapudi, Kalianget, Banyuwangi,” ungkapnya.

Erwin H. Poedjono Direktur PT DLU mengatakan dalam sambutannya, penghargaan ini dibuat untuk memberikan apresiasi kepada mitra DLU, karena sukses dalam menyelenggarakan angkutan lebaran 2023.

“Penghargaan ini diberikan karena insan perhubungan telah sukses melayani angkutan lebaran yang jadwalnya sesuai dengan keinginan konsumen, keselamatan yang zero accident dan aman, serta tidak ada kejadian kriminal di kapal,” jelasnya.

Baca Juga  Pengamat Transportasi: Sinergi dan Kolaborasi Jadi Kunci Utama Kesuksesan Penyelenggaraan Mudik 2024

Berdasarkan data, mobilitas masyarakat saat itu sangat tinggi. Terdapat 123,8 juta  pergerakan mudik lebaran. Tahun ini merupakan mudik terbesar usai pandemi. Hasil survei indikator juga menyebutkan jika 89,5 persen masyarakat merasa puas atas pelayanan selama mudik lebaran.

Capt. Heru menambahkan, guna mendukung angleb 2023 lalu, Kemenhub bahkan memberikan bantuan kapal negara milik Distrik Navigasi Surabaya 2 armada, yaitu KN Bima Sakti dan Masalembo serta 1 kapal latih Taruna  KN Bung Tomo milik Poltekpel Surabaya yang dioperasikan pelabuhan Jangkar ke Madura kepulauan PP selain kapal reguler milik PT DLU salah satunya.

“Sekali lagi, saya secara pribadi bersyukur, alhamdulillah angkutan lebaran khususnya di Jatim lancar, aman, nyaman, dan berkesan,” ungkapnya.

Untuk evaluasi kedepan, Capt. Heru menambahkan, mungkin akan kita persiapkan lagi secara matang angleb tahun depan, persiapan-persiapan daerah-daerah mana saja yang menjadi intens dan fokus kita.

“Bahkan kemarin Dirjen juga menginstruksikan kepada Dirlala untuk seputar Madura dilakukan peningkatan agar tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE