KSOP Gresik Bersama Semua Unsur Komitmen Ciptakan Angleb 2019 Kondusif

169
Kepala KSOP Kelas II Gresik, R. Totok Mukarto, SH. CN M.Si. CCBL (kanan) bersama Kapolres Gresik, AKBP. Wahyu S Bintoro, SH. SIK. MSi selepas apel bersama angkutan lebaran 2019 pelabuhan Gresik, Rabu (22/5/2019).

GRESIK – KSOP Gresik Lakukan apel bersama unsur pelabuhan dan Polres Gresik sebagai persiapan pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2019 yang diselenggarakan di pelataran pelabuhan Gresik, Rabu (22/5/2019).

Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, R. Totok Mukarto, SH. CN M.Si. CCBL mengatakan, dalam pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini sudah disediakan tiga kapal yang akan melayani masyarakat dari pelavuhan Gresik ke Bawean dengan menggunakan KM Exspress Bahari, KM Natuna Express dan KM Gili Iyang.

“Ketiga kapal tersebut sudah kita lakukan uji petik dan dalam kondisi laik serta kelengkapan alat keselamatan kapal sesuai dengan kapasitas jumlah penumpangnya,” ujarnya sesaat setelah memimoin apel, Rabu (22/5/2019) Sore.

Menurut Totok, lonjakan penumpang akan terjadi pada H-2 dengan perkuraan ada 11.168 naik dan penumpang turun sebanyak 9.998 penumpng.

“Kita tidak rencanakan ada penambahan kapal namun akan ada evaluasi bila ada lonjakan penumpang dengan menambahkan jadwal keberangkatan kapal yang mana jika biasanya sehari sekali akan menjadi dua kali,” jelas Totok.

Baca Juga  Samsat Pamekasan Gelar Operasi Gabungan Edukasi Masyarakat Tertib dan Taat Pajak

Totok mengingatkan, keselamatan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat sebagai pengguna transportasi itu sendiri. Untuk itu, kita juga sudah menyiapkan posko dan tempat pelayanan medis bagi calon penumpang kapal bila ada keluhan terkait kesehatannya selama ngkutan lebaran ini.

“Kami berharap semua bisa mengutamkan safety di dalam tujuan mudik sehingga bisa berjumpa dengan keluarga untuk silaturahmi bersama,” pesannya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kapolres Gresik, AKBP. Wahyu S Bintoro, SH. SIK. MSi mengatakan, dalam rangka menyambut lebaran tahun ini kita melaksanakan operasi Ketupat Semeru 2019 dengan menyiagakan Satpolair dengan jumlah 23 personil, 20 standby di Gresik dan 3 di Bawean. Juga kita siagakan 4 kapal yang siap lakukan patroli di perairan Gresik.

“Kita himbau kepada masyarakat khususnya nelayan agar meningkatkan kewaspadaan dan para pekerja di pelabuhan melakukan aktifitas untuk tertib terhadap aturan mengingat bersaamaan dengan adanya peningkatan arus penumpang kapal pada jekang lebaran,” katanya.

Wahyu mengaku, juga bekerjasama dengan KSOP dan Pelindo III secara bersama-sama untuk mengingatkan terutama pada kapal-kapal yang sudah dioprasionalkan sebagai sarana angkutan lebaran atas kelengkapan keselamatannya sebagai langkah antisipasi laka laut.

Baca Juga  Kegiatan Operasi Gabungan Samsat Surabaya Barat Bangun Kesadaran Masyarakat Tertib Administrasi Ranmor

“Bila ada keadaan darurat jadi sudah siap dan yang jelas tidak ada namanya over load penumpang sehingga bisa menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus penumpang dari pelabuhan Gresik menuju Bawean maupun sebaliknya,” terangnya.

Selain itu, lanjut Wahyu, kami juga sudah lakukan giat saur on the road dengan sekitar 400 tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan Gresik bersama pihak Kodim. Kami himbau kepada seluruh tenaga TKBM agar mewaspadai hasutan-hasutan dan provokasi pasca Pemilu agar menghilangkan fanatisme 01 dan 02 untuk bersatu menjaga kondusifitas pelabuhan bersama.

“Kita pilih tenaga TKBM karena mereka terdiri dari berbagai suku sehingga bisa menyampaikan informasi kepada saudara-saudaranya pasca pesta demokrasi untuk tetap menjaga situasi kamtibmas agar kondusif,” tandasnya.

Wahyu juga menambahjan, Kita juga meningkatkan patroli sekala besar bersama unsur TNI dan KSOP, Pelindo III serta pemerintah daerah untuk terus mengingatkan seluruh masyarakat yang terlibat dalam operasional pelabuhan dapat menjaga keadaan dengan baik agar pelaksanaan angkutan lebaran dapat berjalan hingga lenBaran nanti tidak ada sesuatu kondisi yang berarti.

Baca Juga  Operasi Gabungan Samsat Surabaya Utara Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pajak Kendaraan

“Kami bersama untuk mengingatkan ABK kapal agar memperhatikan dan mewaspadai keselamatan kapalnya dari kejadian kebakaran seperti tahun lalu baik diakibatkan konsleting listri maupun lainnya,” pungkasnya.

Dalam apel angkutan lebaran yang digelar KSOP Gresik tersebut, juga terlibat dari Pelindo III, Basarnas, kesehatan pelabuhan, karantina, pihak pelayaran, tenaga kerja pelabuhan, dan pramuka serta stakehokders di lingkungan pelabuhan Gresik.

Setelah apel, acara dilanjutkan buka bersama yabg diisi tausiyah ramadhon dan diakhiri shokat magrib berjamaah. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE