Capt Subuh Maknai Nilai Harwan 2020 : Putus Penyebaran Covid Seperti Pejuang Usir Penjajah

43
Jajaran KSOP Kelas IV Probolinggo saat laksanakan upacar bendera peringati Hari Pahlawan (Harwan) di halaman kantor, Selasa (10/11/2020).

PROBOLINGGO – Semangat untuk turut serta memperingati Hari Pahlawan (Harwan) pada tahun 2020 ini meski ditengah masa pandemi covid insan KSOP Kelas IV Probolinggo khidmat mengikuti upacara bendera yang digelar di halaman kantor.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo, Capt Subuh Fakkurochman, SE, M.Mar mengatakan, yang dilakukannya sebagai sikap besar bangsa menggelar upacara bendera untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotovasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata , maka sekarang kita berjuang melawan berbagai persoalan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia,” katanya mengutip amanah Menteri Sosial RI, Selasa (10/11/2020).

Menurut Subuh, bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam peringatan ini tidak hanya kita menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa demi kemerdekaan NKRI, namun dimasa sekarang kita dituntut lebih besar bagaimana mengisi kemerdekaan itu dengan berbuat sesuai dengan bidang masing-masing.

Baca Juga  Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Gelar Evaluasi Mudik dan Persiapan Mudik Balik 2024

“Khususnya amanah yang kita emban sebagai abdi negara insan perhubungan laut harus betul-betul untuk bisa sebaik-baiknya memberi pelayanan yang dibutuhkan masyarakat,” tutur Subuh.

Tema hari pahlawan ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’ menurut Subuh, adalah sebuah tantangan besar bagi semua anak bangsa dimasa kini bagaimana bisa menjawab beribu tantangan yang ada di depan kita dalam keseharian sebagai insan perhubungan dalam melayani masyarakat. Tentu ada tuntutan besar bagi kami bagaimana bisa memberi pelayanan yang terbaik bagi semuanya khususnya di sektor maritim.

“Kita ingin berbuat dengan berkontribusi pada bangsa menjadi pahlawan-pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” katanya mengutip pernyataan Mensos.

Subuh juga menambahkan, di masa pandemi covid ini hal yang bisa dilakukan sebagai perbuatan sesuai nilai kepahlawanan adalah melaksanakan protokol kesehatan dari lingkunģan rumah hingga tempat kerja sehingga dapat mencegah penyebaran virus tersebut.

“Memutus mata rantai penyebaran covid itu mempunyai nilai kepahlawanan agar tidak bercokol di bumi pertiwi. Ibarat saat perang kemerdekaan, para pejuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia,” pungkasnya. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE